Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Venezuela Sita 100 Lebih Mesin Penambang Bitcoin Ilegal

Pihak berwenang di Venezuela telah menyita lebih dari 100 mesin penambang Bitcoin (BTC) yang beroperasi secara ilegal di wilayahnya.

Para penambang ini disebut ilegal karena belum memiliki izin operasi dari pengawas kripto nasional, Sunacrip, sehingga tindak tegas pun dilakukan.

Venezuela Melawan Penambang Bitcoin Ilegal

Kejadian tersebut terjadi tepatnya di klandestin, yang terletak di zona perumahan di Miranda, sebuah negara bagian di Venezuela.

Berdasarkan laporan dari News Bitcoin, Senin (1/11/2021), bisnis ilegal tersebut terendus ketika ada tekanan yang ditimbulkan pada sistem distribusi listrik di daerah tersebut.

Tentu saja, kejadian tersebut memicu pemeriksaan dari pihak kepolisian dan pihak berwenang seperti perusahaan listrik nasional (Corpoelec) dan Sunacrip untuk memeriksa bisnis penambangan yang tidak berizin.

Sekadar informasi, bisnis penambangan kripto adalah bisnis yang sah dan legal di Venezuela. Tetapi, itu memerlukan izin dari Sunacrip demi keamanan dan perlindungan sistem kelistrikan di negara tersebut.

Tanpa izin tersebut, bisnis akan dianggap ilegal dan hasilnya, ratusan mesin penambang Bitcoin pun disita.

Dari kejadian ini, Sunacrip kembali meminta para penambang Bitcoin untuk mendaftarkan diri, demi mendapatkan jaminan kelancaran usahanya.

Bukan Kali Pertama

Tentu saja, penyitaan ini bukanlah kali pertama terjadi di Venezuela.

Sebelumnya, telah ada 165 mesin yang disita dari sebuah gudang di negara bagian yang sama, yang juga memiliki masalah yang sama. Tidak memiliki izin dari Sunacrip.

Penyitaan tersebut juga merupakan aksi gabungan dari aparat kepolisian dan Sunacrip.

Tahun ini, Sunacrip harus meminta agar kunjungan tersebut selalu dilakukan dengan ditemani petugas Sunacrip, untuk menghindari kemungkinan penyimpangan dalam proses pemeriksaan.

Dan sebelumnya juga, pihak berwenang telah menyita 400 mesin penambang kripto tak berizin yang sedang dalam proses pengangkutan.

Memang, bisnis penambangan kripto adalah bisnis yang menjanjikan. Keuntungan yang diberikan cukup besar untuk sekadar menjalankan perangkat yang melakukan segalanya secara otomatis.

Meski begitu, memang masih banyak saja orang yang tidak mau memperoleh izin dalam menjalankan bisnis ini. Mulai dari penghindaran pajak, biaya listrik yang lebih tinggi dan lain sebagainya.

Tetap saja, bisnis tetaplah bisnis. Semua memerlukan izin agar menciptakan lingkungan yang sama-sama menguntungkan bagi negara dan pelaku usaha itu sendiri.

Dengan adanya izin dan terdaftar, pengontrolan arus keluar listrik pun akan berjalan dengan baik, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }