Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

VanEck Ajukan Produk ETF Bitcoin Baru ke SEC AS

Setelah gagal meluncurkan produk ETF Bitcoin empat tahun lalu, VanEck dikabarkan telah kembali mengirim pengajuan baru ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS.

VanEck dan Produk ETF Bitcoin 

Berdasarkan laporan dari Cointelegraph, Selasa (10/8/2021), SEC AS mengatakan bahwa VanEck telah mengajukan prospektus untuk produk ETF Bitcoin pada awal pekan ini.

Tidak seperti ETF Bitcoin pada umumnya yang sedang ditinjau oleh agen federal, produk baru usulan VanEck ini tidak akan berinvestasi secara langsung di aset terkait.

Produk tersebut akan memberikan eksposur melalui kontrak berjangka Bitcoin, kendaraan investasi gabungan dan produk yang diperdagangkan di bursa lainnya.

Produk tersebut diketahui akan memungkinkan eksposur melalui ETF kripto yang terdaftar dan diperdagangkan di Kanada, seperti milik Purpose Investments dan Evolve Funds Group.

Ini juga akan dilakukan melalui anak perusahaan yang berbasis di Kepulauan Cayman untuk melakukan investasi.

Selain itu, Ketua SEC AS, Gary Gensler, belum lama ini telah mengisyaratkan bahwa dirinya akan lebih terbuka untuk menerima ETF berdasarkan kripto berjangka daripada investasi langsung.

Beberapa perusahaan mengajukan ETF serupa dengan badan pemerintah setelah pengumuman Gensler.

Salah satunya, perusahaan investasi Invesco yang mengumumkan rencananya sendiri untuk meluncurkan produk ETF sejenis.

Disisi lain, sebelumnya, JPMorgan Chase diketahui telah menawarkan beberapa produk investasi kripto kepada kliennya.

Kabarnya, klien dari Wealth Management-nya telah diberikan akses ke enam produk investasi kripto selama sebulan terakhir.

Sebagian besar produk berasal dari Grayscale yakni Grayscale Bitcoin Trust, Grayscale Bitcoin Cash Trust, Grayscale Ethereum Trust, Grayscale Ethereum Classic Trust. Dan yang kelima adalah Osprey Bitcoin Trust.

ETF Tidak Langsung

Memang, SEC AS belum menyetujui ETF Bitcoin di Amerika Serikat. Namun, VanEck, Valkyrie Digital Assets, Fidelity Investments, dan lainnya telah mengajukan proposal mereka sendiri untuk ETF kripto.

Kemungkinan ke depannya, ETF memang akan seperti ini karena komisi tentu masih memikirkan keamanan dana investor di tengah volatilitas hebat pasar kripto.

Dengan ETF yang tidak berinvestasi langsung ke aset, tentu akan memberikan semacam “sabuk pengaman” tersendiri bagi dana yang dikelola. Secara otomatis, risiko pun telah diminimalisir, sehingga SEC lebih lunak terhadap produk ini. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }