Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Untuk Pemula! 3 Alasan Mengapa Harus Investasi Kripto atau Tidak

Sulit bagi Anda yang berkecimpung di bidang keuangan tanpa mempelajari apa itu kripto. Ya! Akhir-akhir ini soal kripto paling ‘diributkan’.

Karena jenis investasinya dan teknologinya, membuat banyak kalangan tertarik.

Sebagaimana kabar tentang orang-orang yang dengan cepat menjadi jutawan dalam waktu semalam karena pergerakan harga Dogecoin.

Sebaliknya, di lain sisi, banyak juga orang-orang kehilangan sebagian besar uang mereka selama salah satu periode volatilitas Bitcoin.

Nah, yang jadi pertanyaan besarnya, apakah investasi kripto ini tepat untuk Anda?

Mari kita lihat tiga alasan mengapa kamu harus berinvestasi di kripto dan tiga alasan harus menjauhi kripto, dikutip dari situs Fool, Kamis (7/10/2021).

Tiga Alasan untuk Investasi di Kripto 

  1. Mirip Booming Internet, Investasi Mudah Seperti Lotere

Beberapa orang percaya bahwa aset kripto pada 2021 sangat mirip dengan internet pada awal 2000. Yup! Dengan ungkapan, Anda dapat hidup tanpanya sekarang, tetapi Anda tidak akan dapat melakukannya dalam 10 tahun lagi (atau bahkan mungkin lebih cepat).

Sementara, harga untuk Bitcoin telah terlihat mencapai ratusan juta Rupiah, jadi pasti ada bagian yang berarti dari komunitas keuangan yang percaya ini akan terjadi.

Asumsinya, ketika kami memiliki uang ekstra untuk diinvestasikan, alokasi kecil yang hingga 5 persen atau kurang dari itu merupakan spekulatif yang bermanfaat.

  1. Diversifikasi Investasi Portofolio

Sebuah studi 2018 oleh para peneliti di Universitas Yale menyimpulkan bahwa, berdasarkan profil risiko dan pengembalian mata uang kripto tertentu, alokasi 6 persen dalam kripto dapat membantu mengurangi volatilitas portofolio Anda.

Studi ini juga menunjukkan bahwa rasio Sharpe (ukuran pengembalian yang disesuaikan dengan risiko) untuk kripto sebenarnya lebih tinggi daripada saham dan obligasi selama periode waktu yang sama.

Para peneliti menemukan bahwa faktor-faktor yang mendorong kinerja kripto sama sekali berbeda dari kelas aset lainnya.

Juga, berbeda dari faktor-faktor yang mendorong mata uang fiat.

  1. Menarik dan Layak untuk Dipelajari

Terlepas dari pendapat spesifik Anda tentang masa depan kripto, cukup sulit untuk membantah bahwa ini bukan fenomena yang biasa.

Konsep di sekitarnya, termasuk blockchain dan keuangan terdesentralisasi, adalah ide-ide yang muncul dan kemungkinan akan menjadi inti dari cara orang-orang melakukan bisnis di masa depan (di samping proyeksi harga).

Meskipun mungkin bukan ide yang baik untuk menginvestasikan seluruh dana ke kripto, tapi memiliki beberapa pilihan dalam investasi membuat kita belajar dan menetahui sedikit banyak tentang salah satu subjek ini.

Tiga Alasan untuk Tidak Berinvestasi

  1. Pertanyaan tentang Nilai Aset (Underlying)

Ketika Anda membeli Bitcoin, sebenarnya kamu sedang membeli serangkaian angka 1 dan 0 yang dapat dipindahkan dengan sederhana ke seluruh internet.

Tidak ada bisnis yang mendasarinya, tidak ada dividen yang harus dibayarkan dan tidak ada rasio harga terhadap pendapatan.

Nah, pertanyaannya selanjutnya ialah, bisakah kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka benar-benar memahami kripto? Apalagi, mengingat perubahan harga yang ‘liar’, kurangnya stabilitas, dan masa depannya yang tidak pasti.

Maka dari itu, investor atau Anda sendiri memiliki alasan kuat untuk menjauh.

  1. Tidak Adanya Nilai dalam Memegang Mata Uang Lain

Anda mungkin tidak memegang mata uang lain, seperti yen Jepang, yuan Tiongkok, atau rubel Rusia, jadi mengapa memegang Bitcoin?

Ada pendapat yang mengatakan bahwa Bitcoin sebenarnya adalah mata uang yang sah, mengingat daya tahan, daya simpan dan keterbagiannya. Tetapi, jika Anda tidak berinvestasi dalam mata uang lain, mengapa Bitcoin menjadi berbeda? Ya!

Pilihan untuk berpegang pada indeks “buy and hold” (indeks para HODLer) juga merupakan dasar kemungkinan untuk menghasilkan beberapa manfaat jika kripto melambung atau pun anjlok.

Sehingga, kamu tidak perlu memiliki kripto secara langsung untuk mendapat untung dari potensi kenaikannya.

  1. Tidak Percaya Diri untuk Menjaga Dompet Kripto

Ada cerita horor di internet tentang orang-orang yang kehilangan kata sandi dompet kripto dan kehilangan Bitcoin senilai jutaan (atau bahkan milyaran) Dolar AS.

Yup, mendengar cerita-cerita ini, kemungkinan dapat membuat Anda sedikit mual. Sehingga, jika kamu tidak yakin bahwa akan aman mengelola dan menyimpan kata sandi dompet kripto dan/atau kunci API, maka menjauhlah saja.

Ada banyak broker online yang memungkinkan Anda menyimpan Bitcoin tanpa perlu penyimpanan yang lebih rumit.

Apa Pun Itu, Pelajari lalu Investasi

Apa pun itu, layak diperdebatkan. Kamu harus belajar sebelum bertindah, berinvestasi.

Ada banyak alasan bagus untuk berinvestasi di Bitcoin dan ada banyak alasan juga untuk menjauh darinya.

Beberapa orang menyebut kegagalan berinvestasi sebagai kegagalan imajinasi, sementara beberapa orang percaya bahwa berinvestasi terlalu banyak bisa menjadi salah satu kesalahan finansial terbesar.

Terlepas dari itu, semua ada di tangan Anda. Keputusan akhirnya, adalah ide yang sangat bagus untuk belajar tentang Bitcoin dan bawahannya terlebih dahulu lalu memutuskannya.

Selama Anda berhati-hati dalam mengambil keputusan, tentu kamu akan aman-aman saja. Dan mendapatkan kondisi yang sebagaimana diinginkan. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }