Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Ukraina Gerebek Tambang Kripto Terbesar, Ribuan PS4 Turut Disita

Pihak kemanan Ukraina menggerebek sebuah gedung tua tempat tambang kripto di Kota Vinnytsia. Disebut sebagai tambang kripto terbesar di negeri itu, selain GPU, ada ribuan unit Playstation4 yang turut disita.

“Tambang kripto itu adalah yang terbesar. Mereka tak punya izin dan juga mencuri arus listrik. Kami telah menyita 5 ribu peralatan komputer. Sebagian besar di antaranya adalah Playstation4,” sebut Satuan Penegak Hukum Ukraina (SSU), dalam keterangan resmi, Kamis (8/7/2021).

Petugas memastikan bahwa tambang kripto itu dikelola oleh warga Kyiv dan Vinnytsia. Mereka menggunakan salah satu bekas gudang Vinnytsiaoblenerho JSC, yang terletak di lokasi industri perusahaan.

tambang kripto
Ribuan unit Playstation4 di sebuah gedung tempat tambang kripto.

“Pengelola secara ilegal mengambil listrik dari jaringan JSC Vinnytsiaoblenerho. Untuk menyembunyikan aktivitas mereka, mereka menggunakan cara konvensional untuk menghitung konsumsi listrik,” sebut SSU.

Menurut kesimpulan awal para ahli, kerugian negara akibat pencurian listrik itu mencapai 5-7 juta hryvnia per bulan atau setara dengan Rp2,6 milyar.

“Mengingat daya listrik yang mereka gunakan dalam menambang kripto sangat besar, itu menyebabkan terganggunya pasokan listrik ke rumah-rumah warga sekitar,” sebut SSU.

Menambang Kripto dengan Playstation?

SSU menyebutkan ada sekitar 4800 unit Playstation4 yang disita. Dilansir dari TomsHardware, penggunaan PS4 untuk menambang kripto ETH secara teoritis memungkinkan, setidaknya PS4 Pro.

“PS4 memiliki memori GDDR5 8GB dengan clock 5,5 Gbps, dengan interface memory 256-bit, PS4 punya bandwidth memori hingga 176 GBps. Sedangkan PS4 Pro bermemori yang 6,8 Gbps, yang bisa di-overclock, hingga 217,6 GBps. Sebagai perbandingan, Radeon RX 580 yang merupakan salah satu GPU pertambangan terbaik, punya throughput memori 256 GBps,” sebut TomsHardware.

Jadi, secara teoritis PS4 Pro berpotensi mendekati kinerja Radeon RX 580 untuk menambang ETH.

Namun, secara praktis menambang kripto yang jauh lebih efisien adalah menggunakan alat berjenis ASIC, seperti besutan Bitmain.

Bitmain Tunda Jual Alat Tambang

Beberapa waktu lalu Bitmain, produsen alat tambang kripto asal Tiongkok, mengatakan akan menunda pengiriman alat tambang mereka ke sejumlah pemesan. Ini terkait dengan penutupan sejumlah tambang kripto di Negeri Panda itu.

Kazakhstan Pajaki Tambang Kripto Mulai Tahun Depan

Sejumlah pengelola tambang juga banyak yang hijrah ke Amerika Serikat dan Kazakhstan agar dapat terus melakukan aktivitasnya. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }