Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Tiongkok Akan Tarik Larangan Bitcoin Cs?

Tampaknya, pemerintah Tiongkok saat ini sedang mempertimbangkan untuk mencabut larangan terhadap penambangan Bitcoin.

Meski terlihat seperti sebuah kabar gembira, tapi nyatanya ini semua tidak sesederhana kedengarannya karena otoritas masih dalam posisi abu-abu. Belum ada titik terang akan mengarah ke mana.

Tiongkok dan Dilema Penambangan Bitcoin 

Dalam pengumuman resmi, pemerintah Tiongkok terlihat seperti sedang mempertimbangkan kembali kebijakan pelarangan mereka terhadap penambangan aset kripto.

“Sesuai dengan pengaturan kerja yang relevan untuk perbaikan kegiatan “penambangan” mata uang virtual, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan departemen terkait telah merevisi “Katalog Panduan Penyesuaian Struktur Industri (Edisi 2019)” dan sekarang meminta pendapat dari publik,” isi pengumuman tersebut.

Tentu saja, penambangan mata uang virtual yang dimaksud adalah Bitcoin. Kegiatan yang telah mereka serang habis-habisan hingga lenyap dari negara tersebut.

Para penambang yang ditekan dengan keras telah memilih untuk memindahkan bisnis mereka ke luar Tiongkok. Banyak dari mereka berpindah ke AS, Kazakhstan dan Rusia.

Menimbulkan Kebingungan

Banyak sekali spekulasi mengenai maksud yang ada di balik pengumuman resmi tersebut. Sebagian merasa itu adalah upaya pemerintah dalam mempertimbangkan pencabutan larangan penambangan kripto, sebagian lagi merasa itu adalah upaya untuk lebih membersihkan penambangan dari Tiongkok.

“Bukan penarikkan larangan, sebaliknya, isinya menulis penambangan kripto [akan] menjadi industri yang harus dihilangkan, yang berarti industri ini secara jelas didefinisikan sebagai industri yang dikecualikan secara tegas oleh Tiongkok,” kata Colin Wu dalam tweet-nya.

Wu pun berpendapat, komentar dan tanggapan publik terhadap pengumuman tersebut kemungkinan tidak akan berarti apa-apa. Itu hanya mempertegas langkah keras yang sudah pemerintah ambil.

Berkaitan dengan CBDC Tiongkok 

Memang, ada beberapa pandangan yang menganggap bahwa, langkah keras pemerintah adalah untuk memperlancar hadirnya CBDC di negeri tirai bambu tersebut.

Yuan digital, yang tampaknya akan segera dirilis, tidak ingin mengalami hambatan (akibat ketakutan pribadi pemerintah) dari adanya kripto-kripto swasta yang sudah terlebih dahulu popular dan diminati.

Alih-alih merangkul dengan adopsi, pemerintah justru lebih memilih menendang keluar industri kripto untuk menyediakan “lapangan luas” bagi anak tercintanya, CBDC.

Ini masih sekadar spekulasi, sehingga apa yang dimaksud dalam pengumuman resmi tersebut masih perlu kita tunggu kelanjutannya. Semoga hal tersebut bisa menjadi kabar yang baik bagi komunitas kripto, khususnya yang berbasis di Tiongkok. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }