Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Swedia Kembalikan US$1 Juta Bitcoin ke Pengedar Narkoba

Swedia telah membayar kembali seorang pengedar narkoba yang dipenjara senilai lebih dari US$1 juta Bitcoin.

Bitcoin yang Disita Alami Pertumbuhan Nilai

Hal itu terjadi setelah kripto yang disita memperoleh pertumbuhan nilai sejak penangkapan awal.

Pihak berwenang melaporkan bahwa telah mengembalikan Bitcoin sekira US$1,3 juta ke terdakwa. Pelaku diduga mengumpulkan dana dalam penjualan online ilegal.

Setelah penangkapan pengedar narkoba itu, otoritas penegakkan hukum di sana mulai melelang 36 Bitcoin yang telah dikumpulkan pada saat itu.

Namun, di luar dugaan, nilai mata uang kripto yang dicuri meningkat ke titik yang mana hanya 3 koin BTC yang dilelang agar sesuai dengan nilai fiat dari nilai Bitcoin yang dicuri pada saat penjualan ilegal.

Hasilnya, 33 Bitcoin yang tersisa, yang saat ini bernilai lebih dari US$1 juta, telah dikembalikan ke pengedar narkoba.

Kejahatan ‘Kripto’ Jadi Pelajaran Swedia 

“Sangat disayangkan dalam banyak hal. Ini telah menyebabkan konsekuensi yang tidak dapat saya perkirakan saat itu,” kata jaksa Tove Kullberg kepada radio Swedia, dilansir dari Decrypt, Sabtu, (21/8/2021).

Dia menambahkan, ada pelajaran yang dapat dipetik sehubungan dengan kejahatan terkait cryptocurrency di masa depan.

“Pelajaran yang bisa dipetik dari hal ini adalah untuk menjaga nilai Bitcoin, bahwa keuntungan dari kejahatan harus 36 Bitcoin, terlepas dari nilai Bitcoin saat itu,” tambah Kullberg.

Terlebih lagi, Kullberg percaya bahwa ini hanyalah awal dari serangkaian kejahatan terkait kripto di masa depan.

“Saya pikir kita mungkin harus berinvestasi dalam pendidikan internal kita termasuk perihal otoritas penuntutan, karena cryptocurrency akan menjadi faktor yang akan kita tangani jauh lebih besar daripada hari ini,” ujarnya.

Kullberg sendiri mulai mendalami dan fokus pada cryptocurrency.

Swedia, Kripto dan Pencucian Uang

Bitcoin dan altcoin lainnya segera mendapat pengawasan oleh peraturan di Swedia.

Pada bulan Juni tahun ini, gubernur bank sentral Swedia, Stefan Ingves, menegaskan bahwa kripto tidak akan lolos dari regulasi.

“Ketika sesuatu menjadi cukup besar, hal-hal seperti kepentingan konsumen dan pencucian uang ikut bermain. Jadi ada alasan yang relevan untuk menegakkan regulasi terkait kripto,” sebut Ingves.

Tidak berhenti di situ. Menteri Pasar Keuangan Swedia, Asa Linghagen, menuturkan pemerintah sudah memperketat standar mereka dalam hal bursa kripto.

Bahkan, menilai pencucian uang di industri kripto adalah masalah yang sangat penting. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }