Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Solana (SOL) Cetak Rekor Tertinggi Baru, Apa Selanjutnya?

Solana (SOL) kripto unggulan di 10 besar versi Coinmarketcap mencetak rekor tertinggi sepanjang masa baru di kisaran US$$218 pada Senin, 25 Oktober 2021 lalu. Apa selanjutnya, apakah layak diapresiasi lebih lanjut?

Solana sejatinya tergolong pendatang baru dari sisi use case dan naik tinggi selama beberapa bulan terakhir. Capaian terbaru ini menorehkan posisi baik SOL di peringkat ke-6 versi Coinmarketcap.

TradingView Chart

Hanya saja, keunggulan teknologi blockchain yang diusungnya mendapatkan dukungan dari sejumlah investor korporat.

Solana (SOL) dan Keunggulannya

Blockchain Solana memang berkinerja baik dibandingkan dengan blockchain Ethereum (ETH), mulai dari volume transaksi yang dapat ditangani, biaya transaksi yang super murah hingga keunggulan smart contract guna membangun banyak aplikasi desentralistik.

Pencapaian rekor tertinggi baru ini setidaknya mencerminkan ketatnya persaingan di teknis blockchain, khususnya ketika blockchain Ethereum masih dalam proses menuju versi barunya, yakni ETH 2.0.

Versi baru itu, direncanakan rampung pada tahun depan menjanjikan efisiensi waktu dan biaya, termasuk kecepatan transaksi yang lebih baik daripada saat ini.

Efisiensi adalah Sandaran Fundamental

Bicara teknologi, maka kita bicara soal efisiensi dari segala macam aspek yang ditimbulkannya.

Teknologi blockchain Bitcoin misalnya adalah pelopor soal efisiensi mengirimkan uang lintas negara lintas benua tanpa melalui bank, dengan nomimal tanpa batas. Dan itu terjadi untuk kali pertama dalam sejarah manusia.

Dalam perjalanannya, blockchain Bitcoin sendiri tak terbukti efisien untuk urusan kecepatan dan jumlah transaksi, hingga sejak tahun 2018 dibuatlah jaringan khusus di atasnya, yakni Lighting Network. Penerapaan luasnya terbukti di dompet Bitcoin Chivo oleh Pemerintah El Salvador.

Solana Layak Jadi Pilihan?

Atas nama efisiensi dan dukungan investor korporasi di Solana (SOL), menurut hemat kami kripto satu ini layak jadi pilihan investasi jangka panjang.

Pasalnya, di masa depan, bisnis yang ingin menggunakan teknologi blockchain, harusnya mensyaratkan soal kecepatan dan dapat diandalkan kapan saja. Dalam hal ini Solana sudah membuktikan kehebatan sistem Proof-of-History-nya, alih-alih menerapkan seperti Ethereum, yakni Proof-of-Stake.

Biaya transaksi yang murah menjadi unggulan pula untuk setiap aplikasi yang akan dibangun dan sedang berjalan.

Pesaing ketat Solana (SOL) tentu saja adalah Ethereum itu sendiri yang punya taji dan pengaruh yang lebih luas di kalangan developer. Pesaing lainnya adalah Cardano (ADA) yang punya sandaran baru, berkat smart contract perdana mereka. [ps]

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }