Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Shiba Inu (SHIB): Modal Mini Jadi Rp83 Milyar

Saat Dogecoin terpuruk pada Saturday Night Live akhir pekan lalu, cryptocurrency bertema anjing lainnya malah membuat gelombang tinggi dalam pekan ini.

Salah satunya yaitu token Shiba Inu (SHIB) yang juga bertema jenis anjing Shiba Inu. Token ini pun dirancang menjadi “token menyenangkan” yang datang dengan “kertas guk” bukan whitepaper.

SHIB Mereka memiliki total pasokan satu kuadriliun token dan setiap token hanya bernilai sepersekian sen. Sedangkan Dogecoin total hanya memiliki 129 miliar.

Sejak awal Mei 2021, token SHIB melonjak nilainya. Menurut CoinGecko, bersumber dari theblockcrypto.com, nilai token SHIB berubah dari US$ 0,0000015 menjadi US$ 0,00003 dengan kenaikan 1.900%.

Ini dibantu oleh daftar terbaru di bursa crypto OKEx, Huobi, FTX, dan Poloniex serta daftar yang akan datang di bursa crypto Binance.

Pertumbuhan ini membuat beberapa pemegang token awal SHIB meraup untung besar. Satu akun membeli 200 miliar token hanya dengan US$ 17 atau senilai Rp 240 ribu pada Oktober 2020 lalu.

Token tersebut sekarang bernilai US$ 6,5 juta atau sekitar Rp 83 miliar di atas kertas jika Anda mengalikan jumlah token dengan harganya.

Tapi, dengan likuiditas saat ini, SHIB sebenarnya dapat diuangkan melalui pertukaran terdesentralisasi Uniswap sebesar US$ 5,9 juta.

Pemegang token besar lainnya adalah salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Menurut situs token Shiba Inu, 50% dari total pasokan token dikunci di Uniswap untuk menyediakan likuiditas (dan kuncinya seharusnya dibuang).

50% sisanya diberikan kepada Buterin dengan maksud dikeluarkan dari peredaran dan tidak untuk dijual.

Token Shiba Inu mungkin tampak bersahabat, namun mata uang kripto ini menyebabkan kerusakan pada blockchain Ethereum.

Menurut Igor Igamberdiev dari The Block Research, transaksi yang melibatkan token Shiba Inu sekarang menggunakan hingga 10% dari gas yang tersedia, token yang digunakan untuk membayar biaya Ethereum.

Menurut Etherscan, ini telah membantu menaikkan biaya menjadi sekitar US$ 20 untuk transaksi sederhana dan sekitar US$ 180 untuk Swap di Uniswap.

“SHIB mania, dalam banyak hal, mengulangi peristiwa yang terjadi sebelumnya di [Binance Smart Chain] dengan token meme. Namun, perbedaan karakteristik disini adalah potensi kurangnya kesempatan untuk rug pull, ” tweet Etherscan.

Koin meme lainnya juga bermunculan dalam beberapa pekan terakhir. Doge Killer (LEASH) yang merupakan bagian dari ekosistem token Shiba Inu melonjak dari US$ 600 menjadi US$ 8.400 bulan ini.

Lalu ada token yang disebut Dogelon Mars (ELON) yang mengikuti strategi distribusi Shiba Inu, naik 640% dalam seminggu terakhir dengn kapitalisasi pasar saat ini sebesar US$ 634 juta.

Perlu dicatat bahwa jenis token ini memiliki tingkat risiko lebih tinggi. Tanpa kasus penggunaan yang jelas, token meme ini mungkin sulit mempertahankan daya tariknya dalam jangka panjang.

Dan seperti yang kita lihat dengan Dogecoin selama akhir pekan, apa yang naik bisa dengan cepat turun kembali. [rid]

Protected with blockchain timestamps

Ridho Riyadhhttps://www.hariankripto.id/
Setiap langkah kecil menulis tentang aset kripto adalah langkah besar untuk masa depan keuangan dunia. Jangan kita lapuk demi fiat money yang sudah lapuk dan tergerus.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }