Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Seoul akan Jadi yang Pertama Bergabung ke Metaverse

Hal menarik lainnya diketahui telah hadir di sektor metaverse, di mana kota besar seperti Seoul, Korea Selatan (Korsel), akan menjadi kota besar pertama yang hadir di dunia virtual.

Kota Seoul di Metaverse 

Pada awal November ini, pemerintah setempat telah mengumumkan bahwa Seoul berencana untuk membuat berbagai layanan publik dan acara budaya tersedia di metaverse.

Jika rencana ini berhasil diwujudkan, nantinya para penduduk Seoul akan dapat mengunjungi balai kota virtual untuk melakukan segala hal. Diantaranya adalah mengunjungi situs bersejarah hingga mengajukan pengaduan perdata dengan mengenakan kacamata VR (virtual reality).

Bersifat jangka panjang, pemerintah telah menginvestasikan dana sebesar 3,9 milyar won, atau setara Rp47,09 milyar, pada proyek tersebut.

Diketahui juga, tujuan dari proyek tersebut adalah untuk meningkatkan mobilitas sosial di antara warga dan meningkatkan daya saing global kota tersebut di masa mendatang.

Nantinya, proyek ini juga akan memanfaatkan “Digital New Deal” Korea Selatan, yaitu rencana nasional untuk merangkul alat digital dan AI untuk meningkatkan perawatan kesehatan, infrastruktur pusat dan ekonomi dalam pemulihan ekonomi karena pandemi.

Yang jelas, pemerintah pusar Seoul akan mengembangkan platform metaverse-nya sendiri pada akhir tahun 2022. Itu kemungkinan akan beroperasi penuh pada tahun 2026, yang akan menjadi pusat dari berbagai fungsi publik termasuk kantor walikota virtual, serta ruang yang melayani sektor bisnis, inkubator fintech dan organisasi investasi publik.

Akan Menjadi Pusat Kota yang Futuristik 

Diketahui, platform tersebut akan dimulai dengan upacara pembunyian lonceng tahun baru secara virtual pada bulan Desember mendatang.

Pada tahun 2023, kota berencana untuk membuka “Metaverse 120 Center,” sebuah tempat untuk layanan publik virtual. Di situ, para avatar akan menangani masalah warga yang sebelumnya hanya dapat diatasi dengan pergi ke balai kota secara fisik.

Terdengar sangat futuristik, Seoul akan benar-benar menjadi kota yang luar biasa dan efisien dengan keberhasilan proyek ini.

Namun, meski sudah terlihat sangat mendetail, perangkat apa yang akan digunakan untuk mengakses metaverse tersebut masih belum diketahui.

Kemungkinan, mereka masih menggodok keputusan perihal perangkat ini, karena itu membutuhkan alat yang tidak begitu mahal agar semua penduduk Seoul dapat menggunakan platform. [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }