Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Selamat Jalan, Kakek John McAfee, Sang Pembela Bitcoin

John McAfee (75) programer legendaris, sekaligus sang pembela Bitcoin, ditemukan tewas di sel penjaranya di Barcelona, Spanyol pada Kamis dini hari Waktu Indonesia Barat. Otoritas setempat menduga ia bunuh diri.

Sedianya dia akan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk diadili di sana, atas kasus dugaan penyemplangan pajak.

Dia memang sudah lama buron oleh otoritas AS. Baik FBI dan CIA memburunya ke banyak negara. Hingga beberapa bulan lalu dia ditangkap di wilayah Spanyol dan dipenjara di Barcelona.

Cuitan teranyarnya terekam pada 20 Juni 2021 lalu, ketika ia mencuit ulang cuitan sang istri, Jenice.

Sebelumnya pada 16 Juni 2021, dia mencuit sendiri, curhat soal kehidupan kriptonya. Dia mengaku semua aset kriptonya sudah disita oleh otoritas AS. Tidak ada sisa, katanya.

Komisi Sekuritas dan Pertukaran (SEC) AS telah mendakwa dirinya dengan tuduhan memompa ICO dan didakwa oleh Departemen Kehakiman (DOJ) AS atas penghindaran pajak, penipuan dan kejahatan konspirasi pencucian uang.

“AS yakin saya telah menyembunyikan kripto. Saya berharap saya melakukannya tetapi telah dibubarkan melalui banyak tangan Tim McAfee, dan aset saya yang tersisa semuanya disita. Teman-temanku menghilang karena takut. Saya tidak memiliki apa apa. Namun, saya tidak menyesali apa pun,” kata McAfee dari dalam penjara, dilansir dari News Bitcoin, Jumat (18/6/2021).

John McAfee: Kripto Saya Habis Disita Pemerintah AS!

Di lain kesempatan, sebelumnya konglomerat ini pun pernah membagikan pendapatnya mengenai kondisinya setelah ditangkap yang cukup terdengar miris, di mana saat dirinya kini tidak memiliki apa-apa, ia justru merasa lebih bebas. Jauh lebih bebas dari apa yang pernah ia rasakan sebelumnya.

Sebagian besar warganet, khususnya penggemar kripto sangat tak menyangka wafatnya McAfee, apalagi soal dugaan ia sampai bunuh diri.

McAfee memang manusia yang eksentrik. Ia terkenal sebagai orang berjiwa pemberontak. Sebagai programer yang berwawasan bebas berpikir, dia ternama sebagai pembela kripto, khususnya Bitcoin.

Ia kerap muncul di televisi nasional di Amerika Serikat sejak tahun 2018 membincangkan soal kripto nomor wahid itu.

Pada tahun 2020 misalnya dia meramalkan, harga Bitcoin bisa mencapai US$1 juta. Jelang beberapa bulan dia justru menarik pernyataannya itu, dengan menegaskan itu “sekadar bercanda”.

Waktu itu dia bahkan bersumpah, kalau harga Bitcoin tidak menjadi 1 juta, maka dia bersedia memakan alat vitalnya sendiri.

 

Di titik ini segumpal dugaan aneh-aneh bersilewaran di dunia maya, mulai dari spekulasi dia wafat karena dibunuh, karena memegang rahasia pemerintahan AS.

Namun, kenyataannya, jasa McAfee di dunia teknologi sulit dikesampingkan, karena dia termasuk pelopor untuk piranti lunak antivirus.

Dia cerdas, sekaligus figur yang rumit. Dia membela kripto dan Bitcoin dan benar-benar menerapkan itu sebelum ia wafat. Sebagai sosok yang memang tak suka diatur, kita layak memberi hormat kepadanya.

Selamat jalan, McAfee. RIB (Rest in Bitcoin). [red]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }