Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

SEC Periksa Bursa UNISWAP (UNI)

Di tengah perseteruannya dengan Ripple, SEC AS kini kembali mengarahkan pandangannya ke industri kripto dengan membidik bursa terdesentralisasi Uniswap.

SEC AS Selidiki Uniswap 

Berdasarkan laporan dari Blockworks, Jumat (3/9/2021), Komisi asal AS tersebut sedang menyelidiki pengembang dari bursa terdesentralisasi Uniswap, Uniswap Labs.

Sekadar informasi, bursa terdesentralisasi adalah bursa peer-to-peer (P2P) untuk aset digital di mana pengguna dapat bertransaksi tanpa perantara yang berjalan dengan kontrak pintar.

Dalam penyelidikan tersebut, SEC ingin mengetahui bagaimana pengembang tersebut memasarkan dirinya.

“Kami berkomitmen untuk mematuhi undang-undang, peraturan dan memberikan informasi kepada regulator untuk membantu penyelidikan apa pun.. SEC tidak mengomentari ada atau tidaknya investigasi yang mungkin dilakukan,” kata perwakilan Uniswap.

Di sisi lain, CEO dari Solidus Labs, Asaf Meir, mengatakan bahwa sementara pasar kripto dan DeFi mengubah cara kerja perdagangan, mereka juga menciptakan risiko baru dan cara baru untuk memanipulasi perdagangan dan merugikan investor.

Sekadar informasi, Solidus Labs adalah perusahaan pemantau risiko indutri kripto.

“Perhatian utama SEC adalah perlindungan investor dan integritas pasar yang beroperasi di AS.. Sepertinya mencari untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang aktivitas di pasar DeFi untuk menilai tindakan apa yang diperlukan, memandu upaya regulasi di masa depan dan mengambil tindakan untuk melindungi investor,” kata Asaf.

Asaf pun berpendapat, langkah SEC ini adalah pesan kuat bagi pasar DeFi bahwa penegakkan peraturan sudah semakin dekat. Para pelaku harus lebih mengutamakan mendapatkan izin dari regulator.

“Jika Anda ingin tumbuh sebagai penyedia layanan DeFi, Anda harus melakukan pemantauan risiko dan kepatuhan dengan serius sekarang, bukan dalam setahun [lagi],” tambah Asaf.

Tindak Tegas dari SEC 

Ketua SEC, Gary Gensler, memang telah memprioritaskan tindakan tegas pada platform kripto yang berfokus pada perdagangan kripto, pinjaman (lending) dan platform DeFi.

Langkah ini sudah diungkapkan secara sebulan lalu, untuk mengutamakan keamanan dana para investor yang memasuki industri tersebut.

“Umumnya, orang yang membeli token ini mengantisipasi keuntungan dan ada sekelompok kecil pengusaha dan teknolog yang berdiri dan memelihara proyek.. Saya percaya kami memiliki pasar kripto sekarang di mana banyak token mungkin merupakan sekuritas yang tidak terdaftar, tanpa pengungkapan yang diperlukan atau pengawasan pasar. Ini membuat harga terbuka untuk [praktek] manipulasi,” kata Gensler.

Gensler menambahkan, skema ponzi dan penipuan masih membayangi investor karena industri ini belum diatur dengan baik. Baginya, ini semua harus diatur dan diawasi. [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }