Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

SEC Bakal Restui ETF Bitcoin, Tapi Tidak dalam Waktu Dekat

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS bakal restui ETF Bitcoin, tetapi tidak dalam waktu dekat. Sudah ada 12 proposal, tetapi masih di dalam laci.

Penolakan proposal ETF Bitcoin Wilshire Phoenix oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS, memantik beragam tanggapan.

Teranyar, William Cai, salah seorang pendiri perusahaan jasa keuangan di New York, Wilshire Phoenix, memperkirakan ETF Bitcoin di bursa efek tidak akan disetujui di AS bahkan pada tahun 2022 mendatang.

SEC akan Setujui ETF Bitcoin 

Cai meyakini, Komisi Sekuritas dan Bursa AS kelak akan merestui ETF Bitcoin.

“Kami percaya ETF Bitcoin pada akhirnya akan terjadi di AS, (namun) itu tidak mungkin terjadi tahun ini atau tahun depan,” ujarnya dalam wawancara baru-baru ini dengan ETF.com.

Pada Februari 2020, SEC menolak proposal ETF Bitcoin Wilshire Phoenix, yang diajukan bekerja sama dengan NYSE Arca pada Juni 2019. Komisi tersebut beralasan khawatir akan adanya manipulasi pasar.

Hingga kini, ada 12 permohonan yang tertunda, termasuk yang  terbaru yang diajukan bersama oleh Manajemen Investasi ARK Cathie Wood dan 21Shares AG.

Sementara itu, CEO Triv.co.id Gabriel Rey menilai, SEC seharusnya memberikan pernyataan pada kuartal III-2021 atau paling lambat sebelum akhir tahun ini.

Menurutnya, publik saat ini tengah menanti keputusan SEC untuk memberikan persetujuan terhadap penggunaan ETF Bitcoin.

Memasuki paruh kedua tahun ini, Gabriel melihat Bitcoin masih berpotensi menjadi kelas aset dengan kinerja paling baik.

“Sebenarnya keputusan ini hanya masalah waktu saja, SEC sepertinya tidak mungkin menolak, karena ETF Bitcoin sudah mulai digunakan di tetangganya, yakni negara-negara Amerika Selatan dan Kanada,” terang Gabriel kepada Kontan, Rabu (30/6/2021)

Gabriel menyebut, ketika ETF Bitcoin sudah disetujui oleh SEC, maka akan menjadi gerbang untuk masuknya uang dari kelompok perbankan dan asuransi ke Bitcoin. Hal ini akan menjadi katalis positif untuk harga Bitcoin, serta aset kripto lainnya yang harganya memang mengekor tren Bitcoin.

Sementara ini, ETF Bitcoin telah diluncurkan di Kanada, Eropa, dan Amerika Latin. Namun, AS belum memberikan lampu hijau.

Umpan Balik Publik

Pada 13 Juli 2021, Komisi AS tersebut telah mendorong kembali keputusannya tentang Wisdom Tree ETF Bitcoin dengan permintaan umpan balik publik.

Permintaan ini akan memungkinkan anggota masyarakat untuk mengomunikasikan posisi mereka tentang apakah kepercayaan tersebut harus disetujui atau ditolak.

“Komisi meminta agar orang-orang yang berkepentingan memberikan pengajuan tertulis dari pandangan, data dan argumen mereka sehubungan dengan masalah yang diidentifikasi di atas, serta kekhawatiran lain yang mungkin mereka miliki dengan proposal tersebut,” ungkap pemberitahuan SEC.

Komentar publik harus diserahkan ke Federal Register dalam waktu 21 hari, dan sanggahan diajukan dalam 35 hari sejak publikasi.

SEC meminta komentar tentang apakah publik percaya bahwa reksadana yang diusulkan akan rentan terhadap manipulasi dan apakah proposal perdagangan dirancang untuk cukup mencegah tindakan dan praktik penipuan dan manipulasi. [ab]

Protected with blockchain timestamps

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }