Sayembara Menulis Blog, Hadiah Utama Rp3,5 Juta

 

HarianKripto.id bekerjasama dengan Blockchainmedia.id, Vexanium.com dan Trusti.id menggelar sayembara menulis blog. Mengangkat tema “Ketika Teknologi Melanggar Privasi”, sayembara ini berhadiah utama Rp3,5 juta. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp8 juta untuk 6 pemenang.

Pengantar

Canggihnya layanan teknologi komunikasi dan informasi memudahkan kita untuk menemukan banyak informasi.

Namun, kemudahan itu dibarengi risiko penyalahgunaan data privasi kita sebagai pengguna.

Privasi adalah “hak untuk bersendirian”, untuk dijaga “ruang pribadinya”.

Kasus terbaru pada awal tahun ini, yakni, ketika pengguna salah satu aplikasi pesan instan popular, dibuat resah lantaran isu pembaharuan aplikasinya dikabarkan menyentuh privasi data konsumen.

Setiap orang tentunya memiliki hak privasi atas data pribadi yang dimilikinya yaitu hak untuk dapat mengatur, menyunting, mengelola dan menghapus data pribadi yang dia miliki dan menentukan kapan, bagaimana dan untuk apa data tersebut dikomunikasikan kepada pihak lain.

Negara juga menyatakan komitmen atas Perlindungan Data Privasi. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 28 G yang berbunyi: “Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi”.

Apakah kamu punya pengalaman seputar Perlindungan Data Privasi? Kami mengajak kamu untuk berbagi pengalaman dan ide menarik tentang isu ini, dalam Sayembara Menulis Blog “Hargai Privasi Menggunakan Teknologi”.

Buah gagasan dari karya tulismu bisa saja menggugah agar setiap pihak semakin sadar dan peduli akan perlindungan data privasi.

Jadwal Sayembara

Berikut tanggal-tanggal selama sayembara. Kamu bisa mengirimkannya dari sekarang.

🔸 Minggu, 9 Mei 2021 pukul 23.59 WIB adalah hari terakhir pengumpulan karya.

🔸 Senin, 24 Mei 2021, pengumuman para pemenang, dimulainya pembagian sertifikat kepada seluruh peserta.

Hadiah

Kategori Artikel Terbaik

Juara 1: uang tunai Rp3.500.000

Juara 2: uang tunai Rp2.000.000

Juara 3: uang tunai Rp1.000.000

Kategori Artikel Favorit

Juara 1: uang tunai Rp650.000

Juara 2: uang tunai Rp350.000

Juara 3: uang tunai Rp350.000

Ketentuan Umum

/ Peserta adalah Warga Negara Indonesia tanpa batasan usia, terbuka bagi siapa saja, lintas profesi dan jabatan.

/ Peserta hanya boleh menerbitkan 1 artikel di blog-nya masing-masing.

/ Panjang tulisan, minimal 600 kata (words), maksimal 1000 kata (words).

/ Tulislah selaras dengan tema lomba ini, “Ketika Teknologi Melanggar Privasi. Perihal topik, Anda bisa menentukan sendiri sekreatif mungkin dan dituangkan ke dalam tulisan, asalkan masih terkait erat dengan tema.

/ Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan ejaan baku, tanpa menghilangkan gaya bahasa Anda sendiri.

/ Hindari konten penulisan berbau SARA dan melanggar norma-norma.

/ Peserta dapat tersingkir dari kepesertaan jika terbukti melakukan plagiasi, melanggar ketentuan lomba, memalsukan identitas atau memalsukan bukti membagikan bukti lomba.

/ Blog harus menggunakan CMS WordPress.

/ Blog harus terpasang plugin WordStamp (besutan Trusti.id). Klik di sini untuk mengunduh dan pasanglah di blog kamu. Atau bisa pasang langsung dari dashboard WordPress blog kamu. Bagaimana WordStamp diterapkan, bisa dibaca di sini dan di sini. Tutorial pemasangan bisa ditonton di sini.

Cara Pendaftaran dan Pengiriman Artikel

/ Setelah artikel kamu telah terbit di blog, sebarkanlah ke 2 grup Whatsapp ataupun Telegram (pilih salah satu saja). Jumlah grup itu maksimal, jangan lebih. Setelah itu lakukan screenshot sebagai bukti.

/ Unggah (posting) 1 kali di feed Instagram kamu. Jangan lupa tambahkan tagar #hargaiprivasi dan tandai (tag) 5 temanmu. Setelah itu lakukan screenshot sebagai bukti.

/ Unggah 1 kali di beranda Facebook kamu. Jangan lupa tambahkan tagar #hargaiprivasi dan tandai (tag) 5 temanmu. Setelah itu lakukan screenshot sebagai bukti.

/ Satukan semua gambar hasil screenshot menjadi satu file JPG. 

/ Daftarkan (submit) data diri, artikel Anda dan file gambar screenshot melalui form ini.

Pengumuman Pemenang

/ Nama-nama para pemenang untuk dua kategori akan diumumkan secara terbuka pada Senin, 24 Mei 2021 di media sosial HarianKripto.id dan Blokchainmedia.id.

/ Pengiriman hadiah akan dilakukan paling lambat pada Jumat, 28 Mei 2021.

Para Juri

Nama para juri diberitahukan setelah pengumuman pemenang agar tidak ada peserta yang berusaha menghubungi juri, yang dimungkinkan berusaha mempengaruhi penilaian.

Selain itu, nama-nama para peserta juga diubah, sehingga juri sama sekali tidak mengetahui siapa penulis artikelnya. 

Narahubung

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi panitia sayembara, yakni Kakak Indah. melalui WhatsApp (+6281284865397).

Sarana komunikasi antara panitia dan peserta selama dan setelah sayembara berlangsung, hanya melalui nomor WhatsApp itu. [/]