Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Salinas Disindir, Bank Sentral Meksiko: Jangan Ada Bitcoin di Perbankan

Bank Sentral Meksiko mengeluarkan pernyataan Senin (28/6/2021), yang mengatakan, bahwa mata uang kripto seperti Bitcoin bukan alat pembayaran yang sah dan dilarang digunakan dalam sistem keuangan negara itu, termasuk dilayani oleh bank di Meksiko.

Komentar itu muncul setelah miliarder Meksiko Ricardo Salinas Pliego menyatakan niatannya pada lalu untuk menjadikan Banco Azteca sebagai bank terbesar di Meksiko yang melakukan bisnis di Bitcoin.

“Sekali lagi kami menegaskan, bahwa ada risiko besar terkait transaksi kripto, baik sebagai alat pembayaran, penyimpan nilai (store of value) dan investasi lainnya. Lembaga keuangan apapun di Meksiko tidak boleh menawarkan kripto, seperti Bitcoin, Ether dan XRP,” sebut Bank Sentral Meksiko, dilansir dari Reuters.

Milyarder Mexico: Bitcoin Memang Wajib Dimiliki

 

Salinas, Milyarder Suka Bitcoin

Salinas sendiri adalah milyarder, orang terkaya di Meksiko. Dia adalah pemilik dan pemimpin konglomerasi Salinas Grup.

Pada Minggu lalu dia mengatakan, sudah saatnya perbankan merangkul Bitcoin. Dia juga menegaskan, bahwa perusahaannya sudah bekerjasama dengan Banco Azteco untuk menyediakan layanan penjualan Bitcoin.

“Jikalau terwujud, maka Banco Azteco adalah bank pertama di Meksiko yang menawarkan produk investasi itu,” kata Salinas.

Sejak tahun 2020, Salinas memang sangat pro terhadap Bitcoin. Dia pun mengaku sudah membeli Bitcoin dan menilainya sebagai investasi yang baik untuk melawan inflasi mata uang meksiko dan dolar AS.

“Saya telah menginvestasikan banyak waktu untuk mempelajarinya, dan saya pikir itu adalah aset yang harus menjadi bagian dari portofolio setiap investor. Ini adalah aset berharga, dengan nilai internasional, yang diperdagangkan dengan likuiditas besar di tingkat global. Dan itulah alasan yang cukup untuk menjadi bagian dari portofolio apa pun. Titik,” kata Salinas dalam wawancara di Youtube, belum lama ini.

 

Inflasi di Meksiko

Bank Sentral Meksiko saat ini memerangi inflasi secara agresif, setelah menaikkan suku bunga menjadi 4,25 persen pada pekan lalu karena inflasi naik di atas 6 persen.

Salinas adalah orang terkaya ketiga di Meksiko, dengan kekayaan bersih US$15,8 miliar, menurut Forbes.

Selain di bank, perusahaannya juga memiliki kepemilikan di sejumlah bisnis ritel dan penyiaran.

Batal Pakai Bitcoin, Gaji Karyawan El Salvador Tetap Dolar AS

Komentarnya muncul seminggu setelah El Salvador mengumumkan akan memberlakukan secara efektif Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada akhir tahun ini.

Undang-undangnya sudah disahkan di parlemen pada 9 Juni 2021 lalu. Bagi Presiden El Salvador, Nayib Bukele, Bitcoin bisa melawan inflasi dari fiat money seperti dolar AS, khususnya di negara-negara berkembang di kawasan Amerika Latin.

Ketika artikel disusun, Selasa (29/6/2021) harga Bitcoin melonjak lebih dari 5 persen di kisaran US$36.350 dalam 24 jam terakhir. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }