Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Rusia Niat Pakai Kripto Sebagai Cadangan Devisa, Gantikan Dolar AS

Aset kripto kian terlihat menarik di mata Rusia, yang dikabarkan tengah mempertimbangkan penggunaan kripto sebagai cadangan devisa. Artinya, kripto akan menggeser dolar AS.

Rusia Mempertimbangkan Kripto Sebagai Cadangan Devisa 

Berdasarkan laporan dari Cointelegraph, Selasa (19/10/2021), Kementerian Luar Negeri Rusia (MFA Rusia) sedang mempertimbangkan ide cadangan devisa tersebut.

Aleksandr Pankin, Wakil MFA Rusia, kembali menegaskan rencana negara itu untuk mengurangi bagian dolar AS (de-dolarisasi) dalam cadangan internasional Rusia dan penggunaannya dalam penyelesaian dengan mitra asing.

Menggantikan dolar AS, Pankin mengungkapkan adanya kemungkinan menggunakan aset kripto.

“Dimungkinkan untuk mengganti dolar AS dengan mata uang lain, baik nasional maupun regional, serta beberapa aset digital (kripto) dalam jangka panjang,” kata Pankin.

Tentu saja, langkah ini akan membutuhkan upaya ekstra dari pemerintah, seperti membangun kembali model kerjasama yang telah terjalin antara yurisdiksi dan bisnis, serta menciptakan mekanisme baru untuk sistem pemukiman.

Pankin pun mengungkapkan bahwa kampanye de-dolarisasi Rusia sejalan dengan upaya negara itu untuk menghindari tantangan yang ditimbulkan oleh sanksi dari pemerintah AS.

Wakil MFA Rusia tersebut juga menjelaskan bahwa, menggunakan dolar AS melalui kliring dan bank-bank AS, memiliki potensi diblokir oleh Amerika karena alasan dana mencurigakan.

Padahal, Rusia tidak pernah menemui masalah seperti itu dengan penggunaan euro dan mata uang fiat lainnya.

Keinginan de-dolarisasi ini memang bukan hal baru di Rusia. Negara ini sudah memikirkannya selama beberapa tahun, yang sempat ingin beralih ke yuan Tiongkok dan membeli lebih banyak emas.

Adopsi Besar, Apakah akan Memasuki Industri Minyak?

Jika pertimbangan kripto ini benar-benar dieksekusi oleh pemerintah, yang tentu saja disetujui oleh Presiden Vladimir Putin, maka ini bisa menjadi lompatan yang bagus bagi industri kripto.

Penggunaan kripto skala global dari Rusia dapat meningkatkan adopsi dan juga potensi pertumbuhan nilainya.

Meski tidak sama seperti kasus adopsi El Salvador, ini tetap dianggap sebagai adopsi skala besar dari negara sekelas Rusia.

Sekadar informasi, Rusia adalah salah satu anggota organisasi pengekspor minyak, OPEC+. Tentu saja, ada harapan sekaligus potensi besar bahwa nantinya, kripto akan terlibat dalam bisnis perminyakan. Mari kita saksikan. [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }