Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Rumor: ETF Bitcoin Disetujui Minggu Depan, Pasar Kripto Melesat

Akan disetujuinya ETF Bitcoin berjangka pertama pada awal minggu depan telah memicu kepercayaan diri pasar, yang tentu saja dipimpin oleh Bitcoin (BTC).

Pada Jumat kemarin, kripto utama berhasil melesat melampaui level psikologisnya, di US$60.000, yang pada saat penulisan, telah bertahan di kisaran US$61.000-an.

ETF Bitcoin Bakal Disetujui SEC AS

Keramaian di pasar kripto ini tercipta dari rumor yang beredar bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS akan menyetujui dana ETF Bitcoin pertama pada awal minggu depan.

Sekadar informasi, melalui ETF Bitcoin berjangka, investor akan mendapatkan eksposur ke kripto utama tanpa harus berinvestasi langsung dengan membeli koinnya. Ini lebih aman dan teregulasi dibandingkan membeli kripto secara langsung melalui bursa kripto menurut kacamata institusi.

Dan yang paling menarik adalah, pada saat BTC kali pertama mencapai ATH barunya, kapitalisasi pasar kripto berada di US$2.194 triliun. Sedangkan pada saat ini, itu telah tumbuh ke US$2.505 triliun, sedangkan harga belum kembali mencapai ATH.

Dengan kata lain, pasar altcoin juga mengalami pertumbuhan sehingga kapitalisasi pasar lebih besar dari sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari Finbold, Sabtu (16/10/2021), pada Jumat malam, pasar mata uang digital global diperdagangkan di zona hijau.

Pada saat penulisan, nilai total pasar naik 4,14% dari hari sebelumnya, yang berarti bahwa total kapitalisasinya telah melampaui beberapa perusahaan besar di AS, di antaranya seperti Google, Amazon dan Apple Inc.

Tentu saja, volume pasar kripto juga menguat akibat rumor ini, bahkan di beberapa sektor utamanya seperti keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan juga stablecoin.

Kesempatan Arbitrase

Diketahui, seorang Ekonom, Ahli Strategi Investasi dan mantan Manajer hedge fund, Raoul Pal, menganggap bahwa penerbitan ETF ini sebagai langkah positif.

Namun, ia mengakui bahwa ini pada dasarnya akan memberikan peluang arbitrase besar untuk hedge fund.

Mengapa? Itu karena kontrak ETF berjangka ini kemungkinan akan diperdagangkan dengan harga premium selama fase bull dan mereka akan bisa mendapat untung dari pengembalian tersebut.

“Ini adalah trik pasar keuangan lama, Anda sekarang harus menambahkan beberapa perantara baru yang semuanya menghasilkan keuntungan [seperti] penyedia ETF, lembaga kliring, pialang berjangka, administrator, auditor, firma hukum, CME dan hedge fund.. Wall Street semakin kaya, investor ritel kalah, lagi,” katanya.

Terlepas dari kekhawatiran ini, investor tampaknya memang tengah menikmati momentum pasar kripto yang telah mencoba bangkit dari beberapa tekanan jual hebat dari keruntuhan Mei, masalah Evergrande dan pelarangan keras Tiongkok terbaru.

ATH baru  untuk BTC tengah ditargetkan para investor sebelum tahun 2021 ini berakhir. Sehingga, jika ETF Bitcoin berjangka ini sudah sah, kemungkinan besar akan menjadi pusat perhatian utama dalam prospek tren selanjutnya. Mari kita saksikan. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }