Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Rencana Tambang Bitcoin El Salvador, Presiden Bisa Terbitkan Surat Utang

Pengesahan Bitcoin sebagai mata uang yang sah di El Salvador masih menjadi trending topic di kalangan media dan pengamat, ditambah dengan munculnya gagasan tambang BTC menggunakan tenaga gunung berapi.

“Saya telah menyarankan El Salvador untuk membuat ‘Volcano Bonds‘ baru yang didukung oleh pendapatan tambang Bitcoin di masa depan untuk merekapitalisasi neraca mereka dan menghentikan pinjaman IMF,” kata Max Keizer dalam menanggapi gagasan tersebut, dilansir dari Express, Minggu (13/6/2021).

Tambang Bitcoin Gunung Berapi El Salvador

Tentu saja, gagasan¬†inovatif ini keluar dari pemikiran Nayib Bukelele, Presiden dari El Salvador, di mana ia telah memerintahkan sektor energi panas bumi untuk memanfaatkan 22 gunung berapi utama negara itu untuk menggerakkan “pusat penambangan Bitcoin”.

Melalui cuitan Twitter-nya dijelaskan bahwa tambang Bitcoin ini akan mampu menyediakan 95MW listrik yang 100 persen bersih dan tanpa emisi karbon, serta dikabarkan kalau penambangan ini akan mampu menghasilkan pendapatan hingga US$250 juta per tahun.

Dilansir dari Express, Max Keizer pun mengatakan bahwa harga properti di El Salvador akan naik tiga kali lipat pada dekade ini karena beberapa negara di kawasan itu seperti Argentina, Guatemala, Paraguay, dan lainnya akan segera mengumumkan bahwa mereka mengikuti contoh El Salvador.

Selain itu, Keizer juga mengatakan bahwa hasil penambangan Bitcoin di masa depan akan dapat digunakan untuk membayar hutang IMF.

Mempertahankan Kekuasaan

Sedang hangat diberitakan, JP Morgan dan IMF memiliki pandangan yang sangat negatif terhadap pengesahan Bitcoin sebagai mata uang di El Salvador yang cukup santer diberitakan, di mana ada beberapa pandangan yang sepertinya “sangat tepat” untuk menggambarkan sikap dari dua raksasa lama tersebut, salah satunya dari analis dan peneliti kripto, George Tung.

“JP Morgan mengkritik langkah El Salvador karena mereka ingin mempertahankan kekuasaan mereka. Lembaga keuangan global mengejar El Salvador karena [negara ini] mencoba membebaskan diri dari IMF,” kata George, dilansir dari video di channel Cryptosrus, Minggu (13/6/2021).

Sepertinya, El Salvador masih akan lebih banyak menuai dukungan yang tentu saja akan menciptakan efek domino pada negara-negara disekitar untuk mengikuti jejaknya dalam melegalkan Bitcoin sebagai mata uang, atau minimal mereka akan mulai memandang kripto utama ini sebagai aset yang layak untuk digunakan, bukan untuk dihentikan. Semoga saja semua berjalan dengan baik. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }