Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Quentin Tarantino Dituntut Miramax Perihal NFT “Pulp Fiction”

Kabar panas hadir dari sektor NFT, di mana perusahaan Miramax melayangkan tuntutan terhadap Quentin Tarantino perihal NFT dari “Pulp Fiction”.

Sekadar informasi, “Pulp Fiction” adalah sebuah film kriminal tahun 1994 karya sutradara Quentin Tarantino, yang menulis naskah cerita film tersebut bersama Roger Avary.

Sementara, Miramax adalah perusahaan yang memproduksi film tersebut dan masih memegang hak atas mahakarya tersebut.

Perseteruan Miramax dan Quentin Tarantino 

Berdasarkan laporan dari NewsBTC, Rabu (17/11/2021), perseteruan ini berawal dari Miramax yang mengirim “surat penghentian” kepada Tarantino dan timnya mengenai NFT “Pulp Fiction” yang ingin mereka jual.

Tidak tinggal diam, Tarantino pun menjawab bahwa dirinya memiliki hak untuk melakukan penjualan tersebut dan terus mempromosikannya. Akhirnya, Miramax pun digugat.

Meski Miramax masih memegang hak atas film tersebut, Tarantino tetap mempertahankan haknya juga untuk menerbitkan skenario dan NFT-nya.

Namun, Miramax berpendapat bahwa karena NFT itu dilakukan dengan bertukar tangan dengan pemilik baru, itu tidak dihitung sebagai penerbitan, tetapi penjualan.

Berdasarkan tweet dari Tarantino NFT, NFT dari mahakarya bersejarah ini akan tersedia untuk dijual dengan bantuan Secret Network.

Ketika Secret Network mengumumkan bahwa Quentin Tarantino adalah artis pertama yang bekerja sama dengan mereka, ini mulai semakin panas.

“Rilis NFT Tarantino akan menjadi yang pertama dari jenisnya untuk blockchain. Tujuh NFT unik akan hadir ke pasar, menampilkan skrip tulisan tangan asli “Pulp Fiction” dan komentar audio eksklusif dari Tarantino sendiri.. The Secret Network adalah blockchain privasi layer 1 yang dibuat oleh SCRT Labs. Proposisi nilai unik dari The Secret Network terletak pada nama NFT yang akan “rahasia” dan hanya dapat diakses oleh pemilik NFT,” ungkap Secret Network.

Konten Rahasia

Yang lebih menariknya lagi, hanya orang yang membeli NFT saja yang dapat melihat apa yang ada di dalamnya. Sehingga, Miramax tidak memiliki petunjuk tentang jenis konten yang sedang mereka tuntut.

“Saya senang mempersembahkan adegan eksklusif dari PULP FICTION ini kepada penggemar… Secret Network dan Secret NFT menyediakan dunia baru untuk menghubungkan penggemar dan artis dan saya senang menjadi bagian dari itu,” ungkap Tarantino di pernyataan resmi Secret Network.

Tentu saja, masalah hak pemilikan ini cukup pelik. Mengapa? Itu karena keduanya secara sah memang memilikinya. Tetapi, tentu hanya satu pihak saja yang pada akhirnya memiliki akses untuk menjadikannya aset NFT dan menjualnya. [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }