Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

PS4 yang Disita Ukraina Ternyata Bukan untuk Penambangan Kripto

Ribuan konsol PS4 yang sempat disita oleh polisi Ukraina karena diduga digunakan untuk menambang kripto ternyata salah. Rupanya, konsol game tersebut digunakan untuk akun game FIFA, tetapi ini masih tetap dalam penyelidikan.

Ukraina dan PS4 yang Disita

Minggu lalu, sempat beredar kabar bahwa polisi Ukraina telah menyita 3.800 konsol Play Station 4 (PS4) karena diduga digunakan untuk menambang kripto.

Konsol yang disita termasuk di antara perangkat keras yang ditemukan oleh pihak berwenang Ukraina selama penggerebekan di sebuah rumah yang dituduh merusak meteran listrik untuk mencuri daya dari jaringan lokal.

Berdasarkan laporan awal, konsol PS4 beserta GPU, CPU dan perangkat lainnya yang ditemukan diduga dipakai untuk melakukan penambangan kripto ilegal.

Dan kabar terbaru, dinyatakan bahwa konsol yang disita tersebut rupanya tidak digunakan untuk penambangan kripto.

“konsol PlayStation yang disita digunakan untuk menghasilkan paket konten dan koin untuk [game] FIFA Ultimate Team (FUT),” ungkap portal berita bisnis Ukraina Delo, dilansir dari Cointelegraph, Senin (19/7/2021).

Delo pun mengatakan bahwa penemuan terbaru ini masih dalam penyelidikan Dinas Rahasia Ukraina, sehingga rinciannya masih dirahasiakan dari publik.

Sekadar informasi, pemain game FIFA ini biasanya harus mendapatkan koin dan kartu FUT dengan memenangkan pertandingan sepak bola dalam game. Tetapi, gudang yang digrebek diduga menghasilkan varian pasar gelap dari item dalam game tersebut.

PS4 Tidak Cocok Dijadikan Rig Penambangan

Memang, sejak awal tudingan penggunaan PS4 sebagai alat penambang kripto tidak terdengar bagus dan masuk akal.

PS4 bukanlah rig yang ideal untuk menambang kripto. Konfigurasi konsol ini sedikit ketinggalan zaman dibandingkan dengan banyak rig penambangan yang ada.

Bahkan, penggunaan PS4 akan berakhir dengan kerugian karena tidak mampu menutup biaya listrik yang digunakan.

Namun, wajar saja jika pada awalnya para otoritas menganggap penemuan ini sebagai aksi penambangan kripto ilegal.

Bagaimana tidak? Itu karena penambangan kripto saat ini masih menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, terlebih jika dijalankan dengan listrik curian.

Banyak para penambang ilegal yang bermunculan, dan banyak juga yang ditangkap karena itu sangat merugikan negara. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }