Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Presiden El Salvador: Penggunaan Bitcoin Bukanlah Paksaan

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan penggunaan Bitcoin bukanlah paksaan. Undang-undang Bitcoin akan berlaku efektif pada 7 September mendatang.

Bukele memastikan sekali lagi, bahwa Bitcoin sebagai alat pembayaran bukan bersifat memaksa, tetapi sebagai sebuah pilihan selain dolar AS yang juga sah sejak 2001 sebagai mata uang nasional.

“Jika Anda berkenan menggunakan Bitcoin, silahkan saja. Jikalau tidak, maka abaikan,” tegasnya melalui Twitter, Senin (23/8/2021) lalu.

Bebas Memilih, Tapi Biaya Kirim Gratis

Hanya dalam waktu dua minggu atau 15 hari, undang-undang Bitcoin di El Salvador akan berlaku efektif, sejak kongres mengesahkan undang-undang tersebut.

Namun demikian, banyak spekulasi bermunculan apakah undang-undang itu bisa berlaku sukses.

“Undang-undang akan berlaku efektif pada 7 September. Warga dapat mengunduh aplikasi untuk menerima pembayaran ataupun imbalan dalam Bitcoin atau dolar AS. Dengan aplikasi itu pengguna tidak dibebankan biaya kirim alias gratis,” kata Bukele.

https://twitter.com/nayibbukele/status/1429608848998993924

Kontroversi

Sejak Presiden El Salvador memprakarsai gagasan melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran, banyak tanggapan yang muncul tentang keputusan itu.

Bank of America menguraikan ada beberapa manfaat dari adopsi itu. Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) justru tak setuju, karena dianggap bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi negara itu.

Bahkan di dalam negeri, sejumlah pengusaha menyayangkan isi dari undang-undang itu, yang seolah-olah semua pihak dipaksa menggunakan Bitcoin, terlebih-terlebih soal urusan gaji karyawan.

Namun, tidak sedikit juga yang mendukungnya. Lihat saja Bank Pembangunan Amerika Tengah pada bulan lalu justru bersedia menyiapkan rancangan teknis yang terperinci, bagaimana menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Bank itu juga bersedia menyediakan dana likuiditas yang bisa menyokong transaksi yang lebih lancar.

Listrik Murah untuk Tambang Bitcoin

Bukele juga berkali-kali mengajak para penambang Bitcoin agar datang ke negerinya. Ia mengklaim pembangkit listrik tenaga panas bumi milik pemerintah sanggup memasok listrik ke tambang Bitcoin.

Bahkan dia tak segan-segan menawarkan biaya listrik yang murah. Ini selaras dengan penutupan sejumlah tambang Bitcoin oleh pemerintah Tiongkok dan memaksa sejumlah pengelola hijrah ke negara lain.

El Salvador memang tercatat dalam sejarah dunia sebagai negara pertama yang melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Ini adalah bentuk nyata bahwa Bitcoin memiliki keunggulan dibandingkan dengan fiat money yang lebih sentralistik dan dikendalikan sepenuhnya oleh negara. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }