Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

PolyNetwork Diretas, Kripto Rp8,6 Triliun Melayang

Protokol multi-chain PolyNetwork membagikan kabar menggemparkan karena telah tereksploitasi hingga kehilangan berbagai kripto senilai triliunan rupiah.

Aksi ini diprakarsai oleh peretas yang menjadi tindak pencurian dengan nilai terbesar yang pernah ada.

PolyNetwork Diretas 

Kabar ini kali pertama datang dari pengumuman resmi PolyNetwork di akun Twitter-nya.

Dalam pengumuman tersebut dikatakan, platform telah diserang di Binance Smart Chain (BSC), Ethereum dan 0xPolygon.

“Kami memanggil penambang dari blockchain dan bursa kripto yang terpengaruh untuk memasukkan token ke dalam daftar hitam yang berasal dari alamat yang disebutkan,” tambah pengumuman tersebut.

Diketahui, saat ini ada tiga alamat yang diduga milik sang peretas yakni Ethereum (yang saat ini memegang kripto senilai US$264,8 juta), Binance Smart Chain (US$250,8 juta) dan Polygon (US$85 juta).

Jika dijumlahkan, ketiganya bernilai US$600,3 juta, atau sekitar Rp8,6 triliun.

Angka fantastis tersebut menjadikan serangan ini sebagai serangan dengan nilai terbesar, yang melampaui serangan peretasan pada Coincheck sebesar US$530 juta pada Januari 2018 lalu.

Diduga, karena PolyNetwork adalah protokol interoperabilitas, kemungkinan akan ada proyek lain yang menggunakan protokolnya, juga terpengaruh.

Sekadar informasi, situs web protokol ini menampilkan lusinan proyek kripto lain yang terintegrasi dengannya.

Tak lama setelah peretasan, pool cross-chain O3 Swap berbasis PolyNetwork, yang memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan token antar blockchain, langsung menangguhkan fungsionalitas cross-chain-nya.

“Fungsi cross-chain O3 Swap saat ini ditangguhkan karena [peretasan] PolyNetwork. Kami berhubungan dengan tim. Harap bersabar untuk kembali ke fungsionalitas penuh. Fungsi non-cross-chain [masih] tersedia dan dapat digunakan secara normal,” kata O3 dalam tweet-nya.

Potensi Peretasan Lainnya

Kasus eksploitasi ini pun telah menarik salah satu Youtuber kripto ternama untuk membahasnya.

Chico Crypto, melalui sebuah video di saluran Youtube-nya, membahas tentang peretasan PolyNetwork.

Menurutnya, ini bisa saja bukanlah akhir karena akan ada peretasan lainnya yang kemungkinan akan menghilangkan dana yang lebih besar, sekitar US$1 milyar.

Pada saat penulisan, sudah ada lebih dari 300 komentar yang menanggapi video ini, yang tentu saja akan terus bertambah dan menciptakan kewaspadaan tersendiri bagi para penontonnya. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }