Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Peningkatan EIP-1559 Membakar Rp140 Juta ETH Setiap Menit

Pembaruan London Ethereum sudah hadir, dan memberikan peningkatan EIP-1559 yang ditunggu-tunggu.

Peningkatan ini telah menghadirkan mekanisme pembakaran (burning) yang tentu akan sangat mengubah fundamental dari kripto ciptaan Vitalik Buterin tersebut.

Pembaruan EIP-1559 dan Mekanisme Burning ETH 

Setelah aktifnya pembaruan London dan hadirnya mekanisme burning, jaringan telah membakar rata-rata 3,68 ETH, senilai US$10.000, atau sekitar Rp140 juta setiap menit.

Selain itu, Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 telah menjadikannya sebagian dari semua biaya transaksi, yang disebut biaya dasar yang sekarang dihancurkan di setiap blok.

Mekanisme ini dilakukan untuk mengimbangi inflasi Ethereum sambil tetap memberikan hadiah blok dan biaya prioritas kepada para penambang, sehingga Ether kini menjadi aset yang anti-inflasi.

Menurut data dari Etherchain, telah ada kira-kira 3,7 ETH yang dibakar disetiap menitnya.

Sementara itu, sudah ada 630 ETH (sekitar Rp25,4 milyar) yang dibakar hanya beberapa jam setelah upgrade London dikerahkan. Biaya dasar berfluktuasi antara 70 Gwei dan 100 Gwei selama satu jam terakhir.

Diketahui, pasar NFT OpenSea telah menjadi “pembakar ETH” terbesar karena sudah ada lebih dari 69 token ETH yang dihancurkan sejak pembaruan ini.

Di belakang OpenSea ada dua iterasi dari protokol perdagangan keuangan terdesentralisasi (DeFi) yakni Uniswap V2 dan Uniswap V3. Masing-masing telah membakar sekitar 53,33 ETH dan 45,25 ETH.

Hingga saat ini, para ahli dan anggota komunitas kompak menunjukkan sentimen positif terhadap pembaruan London Ethereum.

“Peningkatan jaringan EIP1559 yang sangat dinanti adalah hari besar bagi ekosistem cryptocurrency Ethereum. Sekarang, setiap transaksi, pembelian atau pinjaman NFT di jaringan Ethereum akan mengakibatkan ETH hangus, menjadikan ETH sebagai aset deflasi dan penghilang inflasi,” kata Ross Middleton, kepala keuangan di pertukaran crypto terdesentralisasi DeversiFi, dilansir dari Decrypt, Kamis (5/8/2021).

Harga Perlahan Naik 

Beberapa hari sebelum pembaruan ini, harga Ether sudah mulai menunjukan kenaikan yang cukup konsisten.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, sejak 21 Juli, harga telah pulih dari US$1.800 ke US$2.800 hari ini. Kenaikan lebih dari 50% dalam 2 minggu telah mencerminkan minat yang cukup baik bagi ETH.

Tentu saja, pembaruan London adalah pemicu utama minat investor, sehingga prospek bullish tampaknya telah semakin digenggam oleh Altcoin utama ini. [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }