Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Pencipta WWW Akan Jual Kode Sumber-nya dalam Bentuk NFT

Internet adalah akar dari segala kemajuan manusia dibidang informasi. Selain itu, perdagangan dan keuangan pun tak luput berkembang sejak hadirnya internet di kehidupan kita.

Apakah Jeff Bezos dan Mark Zuckerberg akan menjadi seperti sekarang ini tanpa adanya internet? Tanpa Internet, kripto pun tidak akan pernah terbayangkan akan hadir di tengah-tengah kita seperti saat ini.

Dan kabarnya, Tim Berners-Lee, yang ditetapkan sebagai penemu teknologi world wide web (WWW), akan melelang kode sumber (source code) bersejarah berusia 30 tahun itu dalam bentuk token non-fungible (NFT) yang akan dibuat di blockchain Ethereum.

Tim Berners-Lee, penemu teknologi World Wide Web (WWW).

Kode Sumber WWW Menjadi NFT

Berdasarkan laporan dari Sothebys, lelang dari NFT ‘bapak web’ ini akan dilaksanakan pada 23 Juni mendatang, selama satu minggu, dengan harga penawaran yang dimulai dari US$1.000.

Nantinya, hasil dari penjualan lelang ini akan disumbangkan ke inisiatif yang didukung oleh Berners-Lee dan istrinya, Rosemary Leith, melalui World Wide Web Foundation.

“Tiga dekade lalu, saya menciptakan sesuatu yang, dengan bantuan sejumlah besar kolaborator di seluruh dunia, telah menjadi alat yang ampuh bagi kemanusiaan,” kata Berners-Lee, dilansir dari Decrypt, Selasa (15/6/2021).

Profesor Ilmu Komputer di Universitas Oxford ini pun mengklaim bahwa NFT adalah kreasi lucu terbaru di dunia ini dan cara kepemilikan paling tepat yang pernah ada.

Dijuluki “Ini Mengubah Segalanya,” banyak termasuk file bercap waktu dengan kira-kira 9.555 baris kode sumber untuk HTML (Hypertext Markup Language), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan URI (Uniform Resource Identifiers)– tiga bahasa dasar dan protokol yang ditulis oleh Berners-Lee antara 3 Oktober 1990 dan 24 Agustus 1991.

NFT ini juga nantinya akan menampilkan visualisasi animasi dari kode yang sedang ditulis, sebuah surat yang ditulis oleh Berners-Lee pada Juni 2021.

Dia merefleksikan kode dan proses pembuatannya serta representasi grafis dari kode lengkap.

NFT akan Merambah Dunia

Kode sumber WWW bukanlah sembarang kode. Ini adalah kode yang telah mengubah dunia dan banyak hidup orang-orang menjadi lebih baik dan berwarna.

Hadirnya kode ini di ranah NFT adalah sebuah bentuk pengakuan, betapa hebatnya NFT dalam menjamin keaslian suatu karya, sehingga tidak ada keraguan dari para pencipta untuk menjual karyanya dalam bentuk token ini.

Belum lama ini, foto anjing bernama Kabosu, yang menjadi ikon dari meme “DOGE”, juga telah terjual dalam bentuk NFT. Tidak tanggung-tanggung, foto ini pun laku terjual dalam lelang sebesar US$4 juta.

Apakah NFT akan semakin merambah kesetiap sisi dunia? Dengan banyaknya minat NFT dari para seniman, dunia olahraga, dan musisi, jawabannya tentu saja, iya. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }