Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Pemerintah AS Berikan Imbalan Kripto bagi Pembocor Info Penting

Serangan siber yang kian marak telah mendorong Pemerintah AS untuk mengambil langkah keras.

Untuk memerangi para kriminal dunia maya tersebut, Pemerintah telah menjanjikan imbalan menggiurkan bagi para informan yang dapat memberikan ‘jalur’ untuk menangkap para penjahat tersebut.

Pemerintah AS dan Serangan Siber

Departemen Luar Negeri AS, melalui program Rewards for Justice (RFJ), telah menawarkan hadiah hingga US$10 juta untuk para informan.

Informan yang dimaksud adalah yang mampu membawa Pemerintah ke lokasi atau identifikasi individu atau kelompok yang melakukan kejahatan siber.

Program hadiah ini pun turut dibagikan di akun Twitter RFJ dan telah mendapatkan beberapa retweet dan tanggapan dari para pengguna sosial media tersebut.

Aksi dunia maya yang berpotensi berbahaya pun masuk ke dalam kriteria pencarian ini. Ini telah mencerminkan sikap keras dan tegas AS dalam melawan serangan saber yang tengah marak.

Salah satu aktivitas siber berbahaya yang utama adalah yang berpotensi membahayakan infrastruktur penting AS yang melanggar Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer.

Serangan ransomware pun menjadi salah satu peringkat atas dalam target Pemerintah karena telah menimbulkan banyak sekali kerugian.

Sekadar informasi, kelompok ransomware telah menghasilkan ratusan juta dolar AS selama dua tahun terakhir melalui penyerangan Colonial Pipelines, manufaktur, rumah sakit, sekolah dan pemerintah daerah.

Perlindungan Informan

Bagi informan, RFJ telah menyiapkan saluran pelaporan kiat Dark Web (berbasis Tor) untuk melindungi keselamatan dan keamanan mereka.

“Program RFJ juga bekerja sama dengan mitra antar lembaga untuk memungkinkan pemrosesan informasi yang cepat serta kemungkinan relokasi dan pembayaran imbalan kepada sumber (informan). Pembayaran hadiah dapat mencakup pembayaran dalam mata uang kripto,” kata Departemen Luar Negeri AS, dilansir dari situs resmi State Gov, Kamis (15/7/2021).

Yang menarik disini adalah, Pemerintah menawarkan hadiah dalam bentuk mata uang kripto.

Meski kita belum mengetahui kripto apa yang akan digunakan, ini tetap saja merupakan sebuah adopsi dari Pemerintah AS terhadap kripto.

Semakin kerasnya perlawanan terhadap serangan siber tentu akan sangat baik bagi pasar kripto. Kenapa? Itu karena para kriminal dunia maya lebih sering meminta tebusan dalam bentuk kripto, dibandingkan mata uang fiat.

Tentu ini akan baik untuk citra industri kripto itu sendiri, sehingga kepercayaan ritel diharapkan akan semakin meningkat. Semoga saja. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }