Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Pembelian Bitcoin ETF di Kanada Meningkat Signifikan

Setelah ‘ketakutan’ yang melanda dalam crash bulan Mei lalu, minat pada Bitcoin ETF di Kanada mulai menunjukan pertumbuhan yang menarik. Apakah ini bisa menjadi tolak ukur untuk kebangkitan pasar kripto utama ini?

Bitcoin ETF di Kanada Bertumbuh

Saat Bitcoin ETF disetujui oleh Ontario Securities Commission (OSC) Kanada, produk ini telah menyerap banyak sekali uang, hingga jutaan dolar Amerika, yang berlanjut dalam kejatuhan minat seiring koreksi tajam pada kripto utama ini.

Sekadar informasi, Bitcoin ETF adalah instrumen investasi berupa kontrak, mirip seperti saham, yang akan bergerak sesuai dengan harga aset Bitcoin. Ini memberi investor cara yang sepenuhnya diatur untuk memasuki pasar Bitcoin tanpa perlu menangani, ataupun memiliki Bitcoin itu sendiri.

Dengan ini, para investor institusi akan lebih mudah dalam mengakses kripto tanpa harus membuka akun di bursa pertukaran karena sebagian dari mereka masih ragu untuk memasukan dana besar ke pertukaran yang kurang regulasi.

Memang, Bitcoin yang dilanda aksi jual hebat karena pelarangan penambangan kripto di Tiongkok, dan cuitan Elon Musk yang menangguhkan BTC sebagai alat pembayaran untuk mobil listrik Tesla, telah berjalan beriringan dengan minat pada ETF yang menyusut.

Namun saat ini, menurut data dari perusahaan analitik Glassnode, tren kini telah kembali berubah.

Menurut data perusahaan yang dibagikan melalui akun Twitter-nya, pada 24 Juni lalu, “sejak 15-Mei, ada total 3.446 BTC telah mengalir ke ETF, rata-rata 86,15 BTC per hari.”

Ini bukanlah kali pertama hal tersebut terjadi, karena data terbaru dari perusahaan menegaskan telah kembali minat investor. Akibatnya, para pengaju Bitcoin ETF terus meningkatkan kepemilikannya dan saat ini hanya memiliki di bawah 22.500 bitcoin. Dengan harga dolar AS saat ini, jumlah yang cukup besar ini dapat mendekati US$800 juta.

“Bitcoin ETF Kanada telah meningkatkan kepemilikannya selama dua minggu terakhir. Permintaan masih di sini,” kata Lex Moskovski, Chief Investment Office dari Moskovski  Capital, dilansir dari akun Twitter-nya.

AS Tetap Menolak

Meskipun Kanada telah membuka pintu untuk produk ETF ini, namun Amerika Serikat (AS) masihlah menolak beberapa pengajuan serupa.

“Regulator seharusnya sudah menyetujui Bitcoin ETF sejak lama karena metode pemeriksaannya sudah ketinggalan zaman,” kata Komisaris SEC AS, Hester Peirce, dilansir dari Crypto Potato, Minggu (4/7/2021).

Terlepas dari sikap AS, produk ETF semacam ini tentu akan meningkatkan tambahan eksposur baru ke pasar kripto, dan juga tingkat investasi terhadapnya, khususnya Bitcoin, dari para investor institusi, sehingga ini diharapkan akan dapat mengangkat aset sekali lagi untuk bangkit menuju harga tertinggi sepanjang masanya (ATH). [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }