Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Ongkir Uang di El Salvador Mahal, Bitcoin Solusinya?

Mampu tidaknya adopsi Bitcoin oleh El Salvador untuk dapat memangkas biaya pengiriman (ongkir) uang sedang ditunggu oleh negara-negara lainnya di Amerika Tengah.

Jika ini berhasil, tentu saja akan berpotensi diikuti oleh negara-negara tersebut untuk turut mengadopsi Bitcoin.

Apakah Bitcoin akan Berhasil di El Salvador?

Jika biaya pengiriman uang dapat dipangkas, ini tentu akan menjadi daya ungkit bagi pendapatan jutaan penduduk.

Pasalnya, banyak orang di wilayah yang tidak memiliki akses ke rekening bank atau kartu kredit. Mereka semua masih bergantung pada kiriman uang dari kerabat di luar negeri.

Diketahui, sekutu kongres Presiden Nayib Bukele telah menyetujui undang-undang yang memberikan status mata uang resmi kripto bersama dolar AS. Ini adalah langkah pertama di dunia yang akan mulai berlaku pada September mendatang.

Sejak awal, Bukele telah menggembar-gemborkan adopsi Bitcoin sebagai cara untuk memfasilitasi pembayaran pengiriman uang dari orang Salvador yang tinggal di luar negeri.

“Jika biaya pengiriman uang turun secara substansial … negara lain mungkin akan mencari keuntungan itu dan mengadopsinya,” kata Dante Mossi, Presiden Eksekutif Bank Sentral Amerika untuk Integrasi Ekonomi (CABEI), dilansir dari BeinCrypto, Rabu (25/8/2021).

Mossi juga berpendapat bahwa ini adalah cara yang benar-benar baru untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Sekadar informasi, CABEI memberikan bantuan teknis kepada El Salvador untuk proses implementasi kripto. Khususnya, bantuan semacam ini tidak ditawarkan oleh Bank Dunia, yang menyebutkan kelemahan lingkungan dan transparansi.

Mossi juga mengatakan, negara-negara Amerika Tengah yang menerima kiriman uang paling banyak adalah mereka yang paling cenderung menggunakan Bitcoin.

“Guatemala, Honduras, dan El Salvador adalah negara-negara yang paling diuntungkan jika adopsi Bitcoin [dapat] menurunkan biaya pengiriman uang,” kata Mossi.

Pengiriman Uang Global

Saat ini, volume pengiriman global dalam kripto mencapai 1%, menurut Autonomous Research. Namun ke depannya, kripto akan segera diharapkan mampu mengambil bagian yang lebih besar, lebih dari setengah triliun Dolar AS, dalam pengiriman uang global tahunan.

Adopsi kripto kian meningkat, khususnya di negara-negara Asia dan yang minim akses perbankan. Ini dapat menjadi pondasi untuk pengiriman uang global berbasis kripto, yang kelihatannya akan semakin mudah seiring tingkat adopsi yang terus bertumbuh. Sudah siapkah Anda untuk semakin dekat dengan kripto? [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }