Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Novogratz: Harga Bitcoin Perlu Terkonsolidasi Dulu

CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz mengatakan harga Bitcoin (BTC) perlu terkonsolidasi dulu. Itu perlu untuk membangun momentum kuat melampaui US$55 ribu (Rp787 juta).

“Bitcoin (BTC) perlu terkonsolidasi dari harga saat ini, di antara US$40 ribu dan US$55 ribu. Itu sangat membantu agar bisa di atas US$55 ribu. Ini bisa memakan waktu antara empat dan enam minggu,” sebut Novogratz kepada Bloomberg, Senin (17/5/2021).

Sedangkan untuk Ether (ETH), ia mengatakan untuk sementara terkonsolidasi antara US$3-4 ribu.

“Rentang harga itu saya pikir cukup sehat,” tegasnya.

Menurutnya use case ETH masih terdorong dari semakin luasnya penerapan DeFi dan NFT.

Menyoal Elon dan Bitcoin

Dalam wawancara itu, Novogratz juga menanggapi deretan peristiwa terkait Tesla, Elon Musk dan Bitcoin.

Kata Novogratz kritik Elon terhadap penggunaan energi yang besar dalam penambangan Bitcoin, sehingga Tesla mengentikan penerapannya untuk pembayaran, lebih pada kesadaran soal lingkungan hidup yang lebih umum.

Pernyataan Novogratz itu bisa kita tafsirkan, bahwa pada kenyataannya memang tambang Bitcoin masih menggunakan energi dari batubara yang tidak terbarukan.

“Kelak tambang Bitcoin menggunaakn sumber daya yang terbarukan. Tapi mungkin 7-8 tahun lagi. Itu pun termasuk kelas industri lain yang memerlukan konsumsi listrik yang besar,” tegasnya.

Pernyataan Novogratz juga terkait dengan kajian yang belum lama ini diterbitkan oleh Galaxy Digital.

Mereka menegaskan, bahwa tambang Bitcoin pada dasarnya mengonsumsi energi lebih sedikit daripada sektor tambang emas, bank dan sistem keuangan lain.

Bitcoin Mandi Darah

Jauh sebelum Elon mengkritik soal tambang Bitcoin, harga aset kripto besar itu sebenarnya sudah dalam posisi overbought.

Artinya pelemahan harga sudah terjadi. Hanya saja, Elon “berulah” di saat yang tepat, sehingga memantik banyak pihak menjual BTC-nya, termasuk pihak lain, seperti MicroStrategy melakukan aksi beli.

harga bitcoin

Dengan harga saat ini, berdasarkan data dari Bitcoin World Wide, dengan harga BTC saat ini US$43.500, maka pada 23 Mei 2021, bisa masuk ke wilayah US$35.800 dan US$40.300.

Sasaran US$100 Ribu per BTC

Wilayah konsolidasi oleh Novogratz selaras dengan kajian Mike McGlone dari Bloomberg Intelligence belum lama ini.

Menurut McGlone, BTC memang perlu waktu ke wilayah US$40 ribuan dulu, sebelum mencapai wilayah US$70 hingga US$100 ribu pada tahun 2021 ini. [nic]

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }