Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Niantic akan Bangun ‘Metaverse Dunia Nyata’ dari Pendanaan Terbarunya

Lagi-lagi, metaverse telah mampu menarik minat banyak perusahaan, termasuk salah satu pengembang game realitas virtual terlaris Pokemon GO, Niantic.

Belum lama ini, Niantic telah meriah pendanaan baru dari Coatue sebesar US$300 juta, atau setara Rp4,28 triliun, yang dikatakan akan digunakan untuk membangun “metaverse dunia nyata”. Apa itu?

Niantic akan Menyelam Lebih Dalam ke Metaverse 

Berdasarkan laporan dari TechCrunch, Senin (22/11/2021), CEO dari Niantic, John Hanke, telah menyebutkan metaverse dalam teknologi yang bertujuan untuk mendekatkan orang-orang di dalam dunia yang berbeda.

Untuk mewujudkannya, perusahaan telah meluncurkan Lightship AR Developer Kit (ARDK), yang membuat alat untuk mengembangkan game AR.

Menariknya, itu tersedia secara gratis bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan dasar tentang mesin game Unity.

“Di Niantic, kami percaya manusia paling bahagia ketika dunia virtual mereka membawa mereka ke dunia fisik.. Tidak seperti metaverse sci-fi, metaverse dunia nyata akan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman kita tentang dunia seperti yang kita kenal selama ribuan tahun,” kata Hanke.

Dan dengan pendanaan terbarunya, Niantic berencana untuk mengembangkan ARDK menjadi lebih luas dan fungsional. Itu semua dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman augmented reality (AR) yang lebih baik.

Konsep yang Berbeda 

Menariknya, Niantic akan tetap dengan konsepnya yaitu menggunakan ponsel dalam menyediakan pengalaman virtual bagi orang-orang di dunia nyata. Bukan menggunakan headset virtual reality (VR) seperti kebanyakan perusahaan.

“Niantic sedang membangun platform untuk AR berdasarkan peta dunia 3D yang kami yakini akan memainkan peran penting dalam transisi komputasi berikutnya.. Kami sangat senang bermitra dengan Niantic karena kami melihat infrastruktur ini mendukung metaverse untuk dunia nyata dan membantu mendukung evolusi internet berikutnya,” kata Matt Mazzeo, mitra umum di Coatue.

Tentunya, hadirnya konsep dari Niantic akan semakin mewarnai dunia metaverse di masa depan. Semakin banyak opsi, semakin luas sektor ini akan hadir di tengah-tengah masyarakat. Ini semua memiliki satu tujuan, kehidupan yang lebih baik dan futuristik. Mari kita saksikan. [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }