Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Momen Terburuk NFT Tahun 2022?

- Sabtu, 24 Desember 2022 | 08:09 WIB
Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari momen terburuk NFT di sepanjang tahun 2022, salah satunya upaya pencegahan dari penipuan.    (Natasya Putri)
Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari momen terburuk NFT di sepanjang tahun 2022, salah satunya upaya pencegahan dari penipuan. (Natasya Putri)

HarianKripto.id - Tahun 2022 merupakan perjalanan yang sulit bagi kripto dan NFT. Dengan penurunan pasar yang lebih luas di luar dunia kripto dan musim dingin yang semakin beku di dalamnya, titik terendah Web3 tahun lalu mencapai kedalaman baru. 

Dari tarikan permadani hingga jatuhnya token, pertukaran crypto, dan dana lindung nilai, miliaran dolar terhapus dari ekosistem, dengan investigasi dan peraturan kriminal yang meningkat sebagai tanggapan.

Tetapi kesuksesan tidak semenarik kegagalan — setiap momen buruk yang terjadi tahun ini mengajarkan kita sesuatu yang berharga dalam prosesnya. 

Baca Juga: BNB Chain Sekarang Memiliki Lebih Banyak Alamat Unik daripada Ethereum, Kata Developer

Dan dengan lebih dari satu dekade sejarah atas nama Web3, perlu diingat bahwa ekosistemnya masih baru. 

Pada akhirnya, kesimpulan dari titik terendah tahun ini — dan ada beberapa — dapat menjadikan Web3 tempat yang lebih baik pada akhirnya.

Dengan mengingat hal itu, kami telah mengumpulkan beberapa momen terburuk tahun ini yang tak terlupakan, untuk melihat apa yang mereka ajarkan kepada kami.

Baca Juga: Platform DeFi di Seluruh Blockchain Memiliki ,95 Miliar di TVL – 65,6% Terkunci pada Ethereum

Pada bulan Januari, proyek NFT Frosties, koleksi bertema es krim dari 8.888 NFT yang memasarkan dirinya sebagai proyek "keren, lezat, dan unik", menarik komunitasnya ke 335 ETH (lebih dari satu juta dolar di waktu) setelah dicetak hanya dalam beberapa jam.

Pendiri Ethan Nguyen (dikenal sebagai "Frostie") dan Andre Llacuna (dikenal sebagai "heyandre") telah membangun komunitas di Discord mereka dan telah menjanjikan merchandise, undian, dan perbendaharaan kepada kolektor untuk memastikan umur panjang proyek. 

Post-mint, situs web proyek dan Discord menghilang, dan dana dari penjualan dipindahkan ke berbagai dompet.

Baca Juga: Pekerja Kripto Melampaui 80.000 pada Tahun 2022 Meskipun Terjadi PHK

Meskipun masyarakat tidak pernah mendapatkan kembali dana yang dicuri, mereka dapat merasakan bahwa keadilan terpenuhi ketika, pada bulan Maret, jaksa penuntut dari Distrik Selatan New York menangkap dan mendakwa Nguyen dan Llacuna dengan persekongkolan untuk melakukan penipuan dan persekongkolan untuk melakukan pencucian uang. 

pelajaran yang didapat: 

Halaman:

Editor: Natasya Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ordinal NFT , NFT Bitcoin yang Lagi 'HOT' nya Tahun 2023

Selasa, 14 Februari 2023 | 07:00 WIB

Bagaimana Cara Pakar Industri Mencegah Peretasan NFT?

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:04 WIB

Seni Pixel Kaki? NFT Teraneh Tahun 2023 

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:10 WIB

Mengenal NFT Fraksional

Senin, 2 Januari 2023 | 15:04 WIB
X