Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Mossad Israel Membuka Lowongan untuk Ahli Kripto

Badan intelijen nasional Israel, Mossad, telah memasang lowongan pekerjaan untuk ahli kripto. Bukan sekadar ahli, ini mewajibkan pengalaman minimal tiga tahun di bidang fintech.

Mossad Israel Mencari Ahli Kripto 

Berdasarkan lowongan tersebut, selain fintech, kandidat juga diwajibkan memiliki pemahaman dan keahlian teknologi yang mendalam di bidang e-commerce, DEF, dan mata uang digital.

Deskripsi singkat menunjukkan bahwa posisi tersebut akan termasuk “memimpin, memulai, merencanakan, dan menyertai kegiatan pengembangan sistem.”

Situs berita utama Israel, Ynet, telah mengklaim bahwa Mossad kemungkinan akan tertarik menggunakan kripto untuk melakukan pembayaran anonim kepada agennya atau untuk pembelian peralatan.

Memang, sebagian besar keterlibatan terkait kripto di negara tersebut berpusat pada Bitcoin (BTC) dan kripto utama lainnya dengan sayap militan Hamas, otoritas penguasa de facto Jalur Gaza di Palestina.

Dalam beberapa tahun terakhir, organisasi yang banyak dipandang sebagai teroris tersebut telah berusaha memerangi isolasi keuangannya dengan menggunakan kripto untuk kampanye penggalangan dana di media sosial.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel, Benny Ganz, telah menandatangani perintah yang memberi wewenang kepada pasukan keamanan Israel untuk menyita akun kripto yang diyakini terkait dengan sayap militan Hamas.

Hal tersebut dilakukan setelah ada laporan, Hamas tengah mempercepat upaya penggalangan dana kripto setelah kehancuran Jalur Gaza bulan Mei lalu.

Menurut laporan ICD-ICT yang diterbitkan tahun lalu, wallet yang diduga terkait dengan Hamas dan Brigade Salah al-Deen yang berafiliasi dengan Iran, telah berhasil mengumpulkan hampir 3.370 BTC dalam kurun waktu empat tahun.

Mata Uang Digital Israel

Pada bulan Juni lalu, mata uang digital Israel, syikal digital, dikabarkan telah memasuki tahap percontohan internal.

Sekadar informasi, Syikal digital adalah CBDC, yang berarti dikeluarkan oleh bank sentral negara, yang saat ini menjadi fokus pengembangan di negara tersebut.

Meski begitu, menurut Andrew Abir, Deputi Gubernur di Bank of Israel, syikal digital tidak akan menghilangkan peran bank. Ia pun mengatakan, bank akan tetap menjadi bagian penting dari setiap sistem pembayaran.

Sepertinya, CBDC akan terus berkembang seiring bertambahnya jumlah bank sentral yang meneliti dan mengembangkannya.

Apakah ini akan bersaing dengan kripto? Melihat peran dan kemampuan masing-masing, sepertinya tidak. Justru, CBDC dan kripto kemungkinan besar akan hidup berdampingan. [st]

 

 

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }