IKN Dibuat Jadi Metaverse, Lalu Apa itu Metaverse?

- Senin, 28 November 2022 | 21:12 WIB

HarianKripto.id - Di akhir bulan Oktober 2022, Presiden Joko Widodo secara sah telah meresmikan Jagat Nusantara sebagai metaverse Ibu Kota Nusantara (IKN). Lalu apa itu metaverse yang digadang-gadang akan menjadi masa depan teknologi ini? Ya, metaverse ini sendiri dapat diartikan sebagai dunia virtual.

Metaverse disebut-sebut sebagai masa depan dunia

Mark Zuckerberg yang merupakan CEO Facebook yang saat ini sudah merubah namanya menjadi meta, mengatakan bahwa metaverse ini merupakan masa depan dunia. Ia beranggapan bahwa nantinya metaverse akan dapat merubah dunia saat ini.

Meski begitu, metaverse ini belum bisa dipastikan aka nada atau tidaknya nanti di kemudian hari.

Baca Juga: Gara-Gara NFT Ghozali Kaya Mendadak, Apa itu NFT?

Kenalan Yuk, Apa itu Metaverse!

Sebenarnya isitlah metaverse ini sudah ada sejak tahun 1992 yang ditulis pertama kali oleh Neal Stephenson pada novelnya yang berjudul Snow Crash. Dalam buku Neal tersebut, metaverse ini digambarkan sebagai dunia virtual yang dihuni oleh avatar orang asli.

Sejatinya, konsep dari metaverse ini dimaksudkan sebagai sebuah wadah atau komunitas tanpa batas dan saling terhubung, dimana penggunanya dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti bekerja, pertemuan kantor, konser, berbelanja tanpa harus bertemu secara langsung.

Hal ini dipertegas lagi oleh Facebook yang mengatakan bahwa metaverse adalah tempat seseorang dapat berkomunikasi dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang tersebut.

Halaman:

Editor: Deo Siagian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Prinsip Umum Untuk Memaksimalkan Nilai Metaverse  

Minggu, 22 Januari 2023 | 21:40 WIB

APA SAJA YANG TERSEDIA DI METAVERSE UNTUK TAHUN 2023?

Minggu, 1 Januari 2023 | 01:11 WIB

Metaverse vs Multiverse

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:49 WIB

Rencana Web3 Atlantic Records

Minggu, 25 Desember 2022 | 21:18 WIB

DeFi Yield Protocol Berubah Merek Menjadi Dypius

Selasa, 13 Desember 2022 | 20:02 WIB
X