Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Mengenal Aset Kripto NFT yang Bernilai Tinggi

Aset digital banyak diminati sekaligus menjadi tren untuk para pelaku investor, terlebih seiring dengan semakin popularnya kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan altcoin lainnya.

NFT sendiri banyak menarik perhatian publik. NFT semakin menjadi popular diakibatkan oleh penjualan aset kripto pada NFT yang mencapai nilai fantastis.

Penjelasan NFT

Apa itu NFT

Ketika Anda mendengar istilah NFT, Anda mungkin menganggapnya seperti Bitcoin dan kripto lainnya. Namun, anggapan itu salah.

Token non-fungiable atau NFT adalah aset digital yang tidak dapat direplikasi atau diduplikasi. NFT hanya dapat diperdagangkan seperti halnya aset fisik akan tetapi tidak dapat digunakan sebagai alat tukar.

Itu lah yang menjadikan tiap aset ini unik, berharga dan langka untuk mengangkat nilainya di masa mendatang.

Apakah Bisa Menjadi Investasi yang Menguntungkan?

Berdasarkan beberapa fakta yang tak terbantahkan, NFT telah menjanjikan tingkat keuntungan yang sangat tinggi. Angka pasar NFT sendiri mengalami peningkatan ratusan juta Dolar AS karena hype yang sangat besar.

Lalu, apakah NFT merupakan jenis investasi yang tepat untuk Anda?

Yang perlu Anda perhatikan, NFT merupakan aset investasi yang relatif baru. Oleh karena itu, ada banyak informasi yang perlu Anda pelajari.

Tidak hanya itu, Anda akan kesulitan dalam menilai aset digital NFT. Jumlah tingkat keuntungan yang ditawarkan cukup tinggi, akan tetapi juga berimbang dengan potensi kerugian di belakangnya.

Ketika akan berinvestasi pada NFT, Anda harus ekstra berhati-hati supaya Anda dapat menghindari kerugian dalam jumlah besar, maka disarankan untuk mulai berinvestasi dengan harga jual yang bernilai rendah. Kalaupun merugi, nilainya tidak akan terlalu besar.

Bagaimana Cara Membuat NFT?

  1. Buat dompet digital menggunakan Opensea,
  2. Buka OpenSea, buat akun dengan mengisi data yang diperlukan, biasanya alamat email, nomor telepon dan kata sandi,
  3. Setelah akun dibuat, buka menu “buat” dan hubungkan dompet digital dengan akun OpenSea Anda,
  4. Setelah itu pilih menu “create” dan pilih menu “collection“, untuk membuat koleksi NFT Anda di menu koleksi.

Nah, jika semuanya sudah siap, Anda bisa langsung membuat koleksi NFT baru Anda. Unggah hasil karya Anda di sini dan tambahkan detail tentang NFT Anda. Jika NFT Anda diminati, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan saat itu juga.

Tips sebelum Terjun ke Dunia NFT

  1. Ketahui seberapa kredibel pasar NFT yang Anda gunakan

Selain OpenSea, sebenarnya ada banyak pasar NFT lainnya seperti Rarible, SuperRare dan masih banyak lagi. Pastikan pasar NFT yang akan Anda pilih sudah terpercaya untuk menghindari terjadinya penipuan.

  1. Gunakan uang dingin

Setiap kali Anda ingin membeli suatu aset, pastikan Anda menggunakan uang dingin. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kesehatan finansial Anda jika sewaktu-waktu harga NFT Anda turun.

  1. Resiko keuntungan dan kerugian yang dimiliki NFT sangat tinggi

Jika karya NFT Anda banyak diminati, maka Anda pasti akan mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi jika tidak ada yang berminat dengan hasil pekerjaan Anda, Anda pasti rugi dari biaya administrasi pasar NFT itu sendiri.

Bagaimana Ini Bekerja

Seperti aset kripto pada umumnya, NFT juga menggunakan teknologi blockchain. Dengan digunakannya teknologi ini, para pengguna NFT dapat melacak kode unik dari tiap aset.

Oleh karena itu para pengguna dapat mengetahui siapa pemilik aset digital saat ini, pembeli pertama sekaligus siapa penerbit aslinya.

Setiap pengguna dapat memiliki salinan aset digital tersebut dikarenakan pada NFT tidak disediakan teknologi untuk mencegah hal tersebut.

Orang lain masih dapat menyimpan atau melihat salinan aset digital NFT. Namun, faktor pembedanya terletak pada kode unik yang merupakan bukti kepemilikan yang sah.

Untuk itu, NFT menjadi pilihan yang cukup efektif dalam pembelian aset digital tertagih. Tidak hanya itu, teknologi token non-fungible juga dapat digunakan dalam upaya pemberantasan praktik pembajakan.

Apa yang Termasuk Aset NFT?

Saat ini, aset yang sering digunakan sebagai NFT adalah karya seni digital. Anda dapat menemukan berbagai jenis karya seni digital di pasar khusus seperti “Known Origin”.

Di situ, siapa pun dapat bertransaksi NFT menggunakan kripto.

Selain itu, pada industri NFT, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai item “tidak biasa” seperti:

  • Item di game atau karakter di virtual game,
  • Lagu (karya seni audio),
  • lukisan digital,
  • Unggah status media sosial artis,
  • Film pendek,
  • Video klip olahraga, misalnya dari momen pertandingan olahraga khusus yang jarang diadakan,
  • Sebuah paten pada suatu objek,
  • Desain (logo, bangunan, pakaian, dll.) dan masih banyak lagi.

Daftar Aset NFT yang Beredar secara Legal untuk Transaksi

NFT adalah aset investasi baru yang unik. Selain itu, ini juga dapat menjadi sarana transaksi praktis bagi para seniman yang ingin menjual karyanya dan mendapatkan keuntungan.

Anda dapat membeli dan menjual NFT secara online dan membayarnya menggunakan kripto melalui blockchain.

Kini ada 5 daftar kripto NFT yang beredar dan legal untuk digunakan dalam berbagai aktivitas keuangan, yaitu:

  1. Chiliz

Daftar koin NFT pertama adalah Chiliz. Chiliz masih merupakan kripto dan dapat digunakan untuk berbelanja online melalui blockchain. Chiliz banyak digunakan untuk transaksi di bidang olahraga dan hiburan.

  1. DigiByte (DGB)

Di masa awalnya, DigiByte adalah sistem blockchain yang banyak digunakan untuk mencatat transaksi. Itu tidak serta merta muncul sebagai aset investasi bernilai tinggi seperti sekarang.

Baru pada tahun 2020, DigiByte berhasil menjadi sistem blockchain terpanjang sekaligus tercepat, teraman dan terdesentralisasi (merata).

Kekuatan DigiByte dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Berawal dari investasi pada koin NFT, memvalidasi Blockchain dan membuat aplikasi kontrak pintar.

Ketika berinvestasi  1 koin DigiByte maka akan bernilai jauh lebih kecil dibawah Chiliz yang memiliki nilai hanya sebesar US$0,06125.

  1. Decentraland (MANA)

Ingin melakukan investasi pada konten? Decentraland NFT adalah jawabannya!

Kripto dari Decentraland (MANA) merupakan suatu alat untuk investasi secara virtual  dimana dapat memungkinkan orang untuk membuat konten sekaligus memonetisasi konten.

Manfaat investasi NFT ini juga fantastis. Pada awal kemunculannya di tahun 2017, Decentraland berhasil meraih nilai investasi sebesar US$24 juta.

Decentraland memiliki 2 jenis token, yaitu “MANA” dan “LAND”.

Kedua token tersebut digunakan untuk tujuan yang berbeda. Token LAND diperoleh dengan “burning” token ERC-20., MANA Token MANA lebih banyak digunakan untuk pelunasan pembayaran transaksi online pada sistem blockchain Decentraland..

  1. Theta

Berikutnya adalah koin NFT “Theta”. Koin unik ini lahir dari sebuah perusahaan online mobile game yang dibuat oleh Mitch Liu pada tahun 2017.

Dikarenakan hal tersebut, kripto Theta menjadi sangat popular digunakan untuk berinvestasi sekaligus bertansaksi dalam dunia game untuk membeli item, avatar/karakter game atau item pendukung lainnya.

  1. Enjin (ENJ)

Terakhir, ada Enjin coin (ENJ) yang penggunaannya lebih fokus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di blockchain.

Kripto ENJ banyak digunakan untuk transaksi masyarakat umum seperti bisnis e-commerce.Kehadiran koin Enjin memungkinkan Anda melakukan bisnis dengan lebih nyaman dengan blockchain.

Kelebihan yang Ditawarkan

  • Memiliki nilai yang tinggi dan mahal di pasaran karena mengandung nilai sejarah atau karya seni yang unik. Selain itu, 1 koin NFT hanya dapat dimiliki oleh 1 orang secara eksklusif,
  • Menjadi terobosan baru yang menguntungkan seniman untuk mendapatkan penghasilan dari karya seni mereka,
  • Dapat diperdagangkan secara online secara praktis melalui sistem blockchain,
  • Koin dilengkapi dengan kode unik sehingga tidak dapat dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,
  • Investasi NFT popular dan diminati banyak orang. Jadi Anda bisa lebih mudah melakukan trade unik di pasar NFT.

Kerugian yang Membayangi

  • Penetapan nilai aset NFT yang bersifat kualitatif, sehingga bisa “dimainkan” tanpa aturan yang jelas. Akibatnya, investasi NFT sangat rentan terhadap spekulasi atau interpretasi yang berlebihan. Misalnya, seseorang mematok harga NFT yang tinggi dengan melebih-lebihkan penilaian aset kepada calon pembeli koin,
  • NFT hanya dapat disimpan pada 1 dompet marketplace, hal ini dikarenakan koin NFT tidak dapat dipindahkan pada dompet blockchain lainnya,
  • Aset NFT tidak mudah dijual. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kepentingan atau interpretasi yang berbeda terhadap nilai aset. Anda juga sulit untuk melakukan barter atau bertukar aset karena perbedaan nilai setiap aset,
  • Koin NFT dapat dibuat oleh siapa saja, jadi masih ada celah besar bagi “pembajak” untuk mengklaim konten atau karya seni seseorang sebagai miliknya. Mengapa? Itu karena sistem pada NFT tidak dibekali dengan sistem untuk mencegah penipuan identitas dan pembajakan konten,
  • Masih rawan mengalami kebobolan sistem penyimpanan NFT yang masih terpusat di satu tempat. Peretas dapat mencuri aset yang disimpan dengan mudah.

Demikian ulasan tentang Mengenal  aset kripto NFT yang Bernilai Tinggi, semoga bermanfaat. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }