Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Menanti Parachain Polkadot (DOT), Desember 2021

Blokchain khusus dari Polkadot, Parachain, yang sudah sangat dinantikan akan aktif di jaringan pada bulan akhir tahun ini.

Ini adalah informasi resmi dari pengembang, yang juga akan mengadakan “lelang” untuk Parachain yang dikabarkan akan dilaksanakan pada 11 November mendatang.

Apa Itu Parachain?

Parachain adalah blockchain khusus proyek yang terintegrasi dalam jaringan Polkadot (DOT) dan Kusama (KSM).

Sederhananya, ini adalah blockchain yang sangat spesifik (khusus) yang berjalan di atas blockchain utama, Polkadot.

Nantinya, Parachain dapat dikustomisasi untuk sejumlah kasus penggunaan dan dimasukkan ke dalam blockchain utama, yang disebut “Relay Chain”, yang dianggap sebagai jantung dari jaringan Polkadot dan Kusama.

Berdasarkan laporan dari CryptoSlate, Kamis (14/10/2021), dalam sebuah konferensi, Pendiri Polkadot, Gavin Wood dan Robert Habermeier, mengumumkan bahwa posisi Parity dan semua hambatan teknis untuk peluncuran Parachain di Polkadot telah dilampaui.

Keduanya pun menjelaskan bahwa kode Parachain, lelang dan crowdloan sekarang sudah siap untuk merilis produksi awal di Polkadot.

Selain itu, Parachain telah berjalan dengan sukses di Kusama, ‘jaringan kenari’ Polkadot, sejak peluncuran “Statemine” pada 3 Juni 2021 lalu.

Setelah peluncuran tersebut, 11 lelang slot Parachain telah berhasil dilakukan di Kusama. Dan juga, tim Parachain telah melakukan beberapa peningkatan ‘tanpa fork‘ di jaringan dan sudah memproses beberapa juta transaksi.

Lelang di Polkadot 

Secara jelas, akhirnya lelang pertama untuk slot Parachain akan di buka pada tanggal 11 November 2021.

Setelah itu, Lelang kedua akan dilakukan pada 18 November 2021. Selain itu akan ada lagi Lelang letiga pada 25 November 2021, Lelang keempat pada 2 Desember 2021 dan Lelang kelima pada 9 Desember 2021.

Kemudian, lelang ‘batch 2′ dikabarkan akan dimulai pada awal 2022, yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2023-2024 saat ‘pemenang’ diumumkan dan jaringan yang lebih baru bergabung ke Polkadot.

“Hampir tepat lima tahun setelah visi kerangka kerja multichain heterogen pertama kali diuraikan dalam [whitepaper] Polkadot, Parachain sekarang secara resmi siap diluncurkan di Polkadot,” kata Robert Habermeier, dilansir dari Coindesk, Rabu (13/10/2021).

Habermeier pun menambahkan bahwa langkah teknis terakhir yang harus diselesaikan sebelum meluncurkan Parachain adalah finalisasi perselisihan Parachain dan audit kode lengkap Polkadot. Keduanya telah selesai diatasi.

Lelang Parachain Kusama yang sedang berlangsung telah melihat sekitar 2,4 juta KSM, token asli Kasama. Itu telah berkontribusi pada crowdloan oleh lebih dari 49.000 alamat unik.

Dan untuk kripto asli jaringan Polkadot, DOT, dikietahui akan digunakan dalam lelang yang akan datang ini.

Sekelompok proyek terdesentralisasi telah memenangkan slot Parachain sejauh ini, termasuk protokol identitas terdesentralisasi Kilt dan blok bangunan keuangan terdesentralisasi (DeFi) seperti Jaringan Karura Acala, Jaringan Moonriver Moonbeam, Jaringan Shiden Astar dan Jaringan Khala Phala.

Tampaknya, kesuksesan dari peluncuran dan lelang ini akan memberi dampak yang besar dan positif bagi kripto DOT dan KSM. Dan menyikapi hal tersebut, token DOT bahkan sudah mulai mendapatkan pertumbuhan minat investor yang cukup menarik.

Berdasarkan data dari Coingecko, DOT belum lama ini telah mendapatkan minat beli kuat hingga hampir mencapai titik ATH-nya.

Apakah ATH akan tersentuh? Atau bahkan membentuk ATH baru? Ini semua masih terlihat memungkinkan hingga saat ini. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }