Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Mantan Menteri Keuangan AS: Aturan Pemerintah Lindungi Industri Kripto

Mantan Menteri Keuangan AS Lawrence Summers mengatakan bahwa industri kripto harus merangkul peraturan pemerintah untuk keberlanjutan bisnis kripto itu sendiri.

Tidak Realistis Tanpa Aturan Pemerintah AS 

Dalam sebuah wawancara di Bloomberg TV, Summers menjelaskan bahwa, industri kripto mengalokasikan sejumlah besar uang, maka menjadi tidak realistis mengharapkan industri itu beroperasi tanpa pengawasan pemerintah.

Summers, yang pernah menjabat sebagai sekretaris keuangan pemerintahan Presiden Bill Clinton ini membandingkan ruang kripto dengan sektor penerbangan dan transportasi.

Dia menerangkan, jika tak diatur maka menjadi tidak layak, sebagaimana dikutip dari Finbold, Senin (27/9/2021).

“Ketika Anda memiliki sejumlah besar keuangan secara rahasia dan memiliki risiko pencucian uang, kriminal, risiko penipuan, maka saya pikir komunitas kripto perlu mengenali itu. Artinya mereka perlu bekerja sama dengan pemerintah, jika mereka melakukannya, saya kira inovasi ini bisa menjadi salah satu inovasi penting dalam periode ini,” terang Summers yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai kepala ekonom Bank Dunia ini.

Negara-negara yang Melarang Kripto

Sang Ekonom menanggapi pengetatan soal industri kripto, usai Tiongkok mengumumkan mereka melarang semua transaksi kripto dan penambangan illegal yang mana mengancam industri aset digital triliunan dolar.

Tiongkok diketahui telah lama tidak mendukung kripto dengan alasan hubungannya dengan kegiatan terlarang dan penggunaan energi yang berlebihan.

Bukan hanya Tiongkok, tetapi ada negara lainnya yang menentang aset digital ini. Ialah Turki.

Turki memberlakukan larangan pembayaran kripto. Hal itu lantaran, para pejabat menilai kurangnya regulasi dan otoritas pusat sebagai risiko bagi investor yang tidak dapat memulihkan kerugiannya.

Negara lain, India juga diperkirakan akan mengajukan undang-undang untuk melarang kripto swasta di negara tersebut. Salah satu alasan di balik undang-undang yang diusulkan adalah bahwa aset itu digunakan untuk mendanai kegiatan hukum.

Di tengah kekhawatiran atas sektor yang tidak diatur ini, Summers mengatakan bahwa industri kripto perlu menghilangkan gagasan bahwa itu akan berfungsi sebagai “surga libertarian” tanpa aturan pemerintah.

Ia mencontohkan, regulasi tidak hanya dapat melindungi konsumen tetapi juga industri yang lebih luas. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }