Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Manajer Aset Terbesar Jerman Ingin Berinvestasi di Bitcoin

Dekabank, salah satu manajer aset terbesar di Jerman, mulai melirik Bitcoin untuk berinvestasi seiring datangnya undang-undang kripto baru di negara tersebut.

Manajer Aset Jerman Melirik Bitcoin 

Undang-undang (UU) baru Jerman yang mulai berlaku pada hari Senin mendatang akan memungkinkan Spezialfonds untuk menginvestasikan hingga 20% kepemilikan di Bitcoin (BTC).

Dekabank mengatakan melalui juru bicaranya bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di Bitcoin. Ini adalah tanggapan perusahaan dalam menyikapi UU baru tersebut.

Sekadar informasi, di Jerman, dana khusus utama digunakan untuk investasi oleh institusi seperti perusahaan pensiun dan asuransi. Di bawah UU baru ini, Dekabank akan menjadi salah satu dari sekitar 4.000 perusahaan Jerman yang memenuhi syarat untuk membeli Bitcoin.

“Deka tidak menawarkan AIF khusus terbuka yang dapat diinvestasikan dalam cryptocurrency saat ini. Saat ini kami sedang meninjau opsi kami tetapi untuk memperjelas, belum ada keputusan yang dibuat,” kata manajer aset tersebut, dilansir dari Bitcoin Magazine, Jumat (30/7/2021).

Selain itu, Kamil Kaczmarski, seorang penasihat jasa keuangan, mencatat bahwa investor Jerman yang secara tradisional konservatif mungkin bereksperimen dengan BTC pada “tingkat rendah” pada awalnya.

Menurut Kamil, hal tersebut dilakukan untuk berhati-hati terhadap volatilitas jangka pendek yang sering terjadi di Bitcoin.

Penasihat keuangan tersebut pun memperkirakan, mungkin setidaknya butuh waktu lima tahun sebelum sebagian besar dana mencapai ambang batas 20%.

Secara kolektif, investor institusi yang memiliki akses ke Spezialfonds yang dapat membeli Bitcoin saat ini mengelola sekitar US$2,1 triliun.

Potensi Adopsi Baru

Selain investasi langsung, UU baru ini tampaknya akan memungkinkan bank investasi multinasional seperti Deutsche Bank AG untuk menawarkan produk investasi yang terkait Bitcoin.

Meski belum memiliki rencana seperti itu, para pengamat sepertinya telah menduga hal tersebut akan terjadi cepat atau lambat.

Undang-undang kripto baru Jerman kemungkinan akan meningkatkan adopsi baru dari banyak institusi. Prospek jangka panjang akan semakin terbentuk dari langkah mereka dalam berinvestasi di Bitcoin.

Dan jika institusi menyediakan produk investasi untuk klien ritel, maka ini dapat dikatakan sebagai adopsi besar di Jerman. Tentu saja, ini akan mengangkat peluang reli jangka panjang bagi pasar kripto, khususnya Bitcoin. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }