Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Laporan: Sebagian Besar Bitcoin Dijual Rugi

Bitcoin yang saat ini berada dalam tekanan bear dilaporkan tengah terbentuk oleh aksi jual rugi para investor. Kemungkinan, aksi ini terbentuk oleh rasa pesimis para investor sehingga memilih untuk keluar dari permainan.

Aksi Jual Rugi di Bitcoin 

Menurut laporan dari perusahaan penyedia analisis Glassnode, sebagian besar aksi jual dalam perdagangan saat ini dilakukan oleh investor yang membeli Bitcoin di harga atas.

Artinya, para investor ini melakukan aksi jual rugi karena menjual di bawah harga saat mereka membeli.

“Jaringan Bitcoin saat ini mencapai US$5,3 milyar/hari dibandingkan dengan US$15,5 milyar dalam volume harian yang diselesaikan pada puncak tahun 2021, [karena investor] menyadari kerugian”, kata Glassnode, dilansir dari Decrypt, Selasa (20/7/2021).

Menurut Glassnode, alasan utama aksi jual rugi ini kemungkinan karena para investor telah merasa takut.

Harga BTC yang telah terdepresiasi lebih dari 50% dari ATH-nya membuat para investor ketakutan untuk kehilangan lebih banyak. Alhasil, para investor pun memutuskan untuk keluar secepat mungkin.

“Tidak semua orang mampu bertahan untuk menguangkan [menjual] sebelum jatuh ke support utama berikutnya yang diidentifikasi di kisaran US$26.500,” kata Glassnode.

Secara keseluruhan, yang dimaksud oleh Glassnode adalah aksi para investor jangka pendek atau investor pemula.

Mereka memiliki kecenderungan berinvestasi karena ingin uang cepat sehingga tidak siap menerima kejatuhan harga.

Sementara itu, menurut Glassnode, para investor jangka panjang atau HODLer terlihat baik-baik saja.

Menurut perusahaan analitik tersebut, para investor jangka panjang ini mengendalikan 75% dari pasokan yang beredar, 92% di antaranya untung.

Fakta ini telah memproyeksikan jumlah sebelumnya yang naik hingga 80% dari pasokan pada bulan September, jika tren saat ini berlanjut.

Kurangnya likuiditas dapat mengirim harga naik sekali lagi, sehingga investor hanya butuh kesabaran.

“Tekanan bullish yang dimulai melewati pasar bull secara historis telah dipicu oleh pemegang jangka panjang yang memegang 65% (2x 2013), 75% (2017), dan 80% (2020) dari pasokan yang beredar,” kata Glassnode.

Meski begitu, perusahaan tidak menyarankan investor untuk berharap harga bangkit cepat di bulan Agustus. Bitcoin masih memerlukan lebih banyak waktu untuk benar-benar bangkit. Ini adalah perjalanan jangka panjang. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }