Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Konsultan IT Raksasa Terkena Serangan Ransomware Bitcoin

Perusahaan konsultan IT raksasa yang masuk dalam daftar Fortune 500, Accenture, telah mengalami serangan ransomware dan dimintai tebusan dalam bentuk Bitcoin (BTC).

Ransomware Meminta Tebusan Bitcoin 

Tentu saja, serangan semacam ini akan sangat berpengaruh bagi perusahaan. Kerugian milyaran Dolar AS membayangi jika serangan tidak diselesaikan.

Kredibilitas juga dipertaruhan dari perusahaan lain yang mengandalkan keahlian keamanan siber Accenture.

Diketahui, perusahaan melaporkan bahwa mereka telah menangkis serangan semacam itu dari kelompok peretas Lockbit. Tetapi, langkah tersebut tampaknya tidak berarti sebelum peretas berhasil mengakses beberapa file yang diduga milik Accenture.

Kelompok kriminal dunia maya telah membocorkan pesan pemerasan yang mengatakan akan menerbitkan data yang dicuri dari perusahaan dalam beberapa jam, kecuali, Accenture ingin membeli database itu sendiri.

Pesan itu menunjukkan bahwa “orang dalam” perusahaan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Melalui kontrol dan protokol keamanan kami, kami mengidentifikasi aktivitas tidak teratur di salah satu lingkungan kami. Kami segera mengatasi masalah ini dan mengisolasi server yang terpengaruh,” kata perwakilan Accenture, dilansir dari Decrypt, Kamis (13/8/2021).

Jawaban tersebut menunjukan bahwa perusahaan, sepertinya tidak tertarik dan acuh terhadap pesan pemerasan tersebut.

Accenture berpendapat bahwa server yang dimaksud saat ini sudah tidak terpengaruh lagi.

Perusahaan juga mengklaim, serangan tersebut tidak memberi dampak pada operasi, atau pada sistem klien mereka.

Tetapi, Lockbit tetap melanjutkan dan mulai menerbitkan 2.384 file, yang menunjukkan bahwa Accenture kemungkinan tidak berusaha untuk membeli data yang dicuri.

Sekadar informasi, berdasarkan statistik dari perusahaan pendukung ransomware Eropa BeforeCrypt, rata-rata tebusan Lockbit adalah sekitar US$33.000 dalam bentuk BTC. Dan untuk perusahaan besar seperti Accenture, tebusannya bisa jadi akan lebih tinggi.

Mencoreng Industri Kripto

Lagi-lagi, ransomware telah meminta tebusan dalam bentuk kripto, yang tentu dikhawatirkan dapat mencoreng nama baik industri.

Ditambah lagi, beberapa peretas dan scammer pun juga telah menyerang banyak bursa, protokol dan investor kripto yang kurang teliti. Ini akhirnya telah memicu langkah protektif dari regulator dan otoritas.

Dari sini diharapkan, keamanan siber dapat terus ditingkatkan agar dapat menekan serangan semacam itu. Kripto hanyalah alat, sehingga baik buruknya tetap bergantung pada si pemakainya. [st]

 

 

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }