Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Kepala Bappebti: Bitcoin Bisa Jadi Antik dan Semakin Mahal

Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana mengungkapkan, Bitcoin kelak bisa jadi antik dan semakin mahal. Menteri Perdagangan pun mengakui Bitcoin memiliki nilai fundamental.

Hal itu ia sampaikan terkait jika di masa depan Bitcoin habis ditambang sehingga total pasokannya sampai 21 juta BTC.

Dengan saat ini BTC baru per 10 menit dan Halving setiap 4 tahun, maka Bitcoin akan habis ditambang sekitar tahun 2140.

“Ibarat barang antik, kalau dimiliki pasti harganya mahal. Kita tidak akan pernah tahu seperti apa ke depannya. Mungkin saja Bitcoin bisa untuk membeli sesuatu di luar sana atau bagaikan barang antik yang nantinya dilirik dan diperebutkan kolektor,” tutur Wisnu kepada CNBC Indonesia, Kamis (27/5/2021).

Bitcoin
Kepala Bappebti, Indrasari Wisnu Wardana. Foto: Detik.com.

Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) yang bernaung di bawah Kementerian Perdagangan Indonesia sedang merampungkan konsep dasar bursa aset kripto berjangka.

Itu berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan pada tahun 2018 dan beberapa peraturan oleh Bappebti sendiri.

Sejak peraturan itu diterbitkan, ada 13 perusahaan calon pedagang fisik aset kripto yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti, seperti Triv, Indodax, Tokocrypto dan lain sebagainya.

Bappebti juga sudah menerbitkan sejumlah kriteria umum, tentang aset kripto yang bisa diperdagangkan oleh pedagang fisik aset kripto di platform-nya masing-masing.

Nah, saat ini warga Indonesia menanti akan hadirnya bursa kripto berjangka, yang memiliki fitur leverage alias non spot market.

Terkait itu, Wisnu mengatakan di bursa berjangka itu akan ada mekanisme penawaran koin perdana atau Initial Coin Offering (ICO).

Itu lazimnya terjadi di bursa aset kripto spot sejak tahun 2014 silam, termasuk di Indonesia.

Kata Wisnu ICO mirip seperti penerbitan saham perdana di bursa efek/saham di Indonesia, sehingga memudahkan bagi siapa saja menerbitkan dan memperdagangkan aset kriptonya di bursa kripto berjangka di Indonesia.

“Mekanisme ICO itu akan memiliki SRO (Self Regulatory Organization) sendiri,” ungkap Wisnu.

Wisnu mengakui nilai transaksi aset kripto di Indonesia cukup signifikan di 4 bulan pertama tahun 2021 melalui sejumlah pedagang aset kripto berizin.

“Saat ini jumlah investor yang ikut meramaikan bursa kripto di Indonesia mencapai 5,6 juta. Adapun nilai transaksinya cukup signifikan di 4 bulan pertama 2021, Rp237 triliun,” tegas Wisnu.

Mendag Akui Bitcoin Punya Nilai Fundamental

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam kesempatan yang sama kepada CNBC mengatakan, Bitcoin bukan tidak memiliki nilai fundamental. Bitcoin menurutnya justru bernilai.

Bitcoin

“Nilai itu diperoleh dari berapa besar nilai yang dikeluarkan saat menambangnya. Saat ini menambangnya cukup sulit, di mana alat tambang berspesifikasi tinggi dan konsumsi listrik yang besar,” terang Lutfi. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }