Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

JPMorgan: Bitcoin di El Salvador Bisa Rugikan Negosiasi dengan IMF

JPMorgan, salah satu raksasa perbankan dan investasi asal Amerika Serikat, belum lama ini akhirnya angkat suara perihal Bitcoin yang menjadi mata uang sah di El Salvador.

Pandangan JPMorgan Terhadap El Salvador

Berdasarkan catatan klien yang dibagikan dalam cuitan akun @DocumentingBTC, perbankan raksasa yang juga menawarkan produk investasi kripto ini menyatakan, bahwa ada sedikit manfaat ekonomi bagi negara tersebut dengan mengadopsi Bitcoin, yang dijadikan alat pembayaran legal paralel dengan mata uang dari negeri Paman Sam.

Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, El Salvador pada hari Kamis (10/6/2021), telah mengesahkan undang-undang fenomenal yang mengangkat Bitcoin sebagai mata uang yang sah dan legal di negara tersebut.

“Seperti halnya dolarisasi di awal tahun 2000-an, langkah ini tampaknya tidak dimotivasi oleh masalah stabilitas, melainkan berorientasi pada pertumbuhan. Tetapi sulit untuk melihat manfaat ekonomi yang nyata terkait dengan mengadopsi Bitcoin sebagai bentuk kedua dari legal tender, dan itu dapat membahayakan negosiasi dengan IMF,” kata JPMorgan dalam catatan klien yang dibagikan di akun Twitter @DocumentingBTC, Jumat (11/6/2021).

Negosiasi dengan IMF

Menghadapi potensi defisit anggaran US$3,2 miliar pada tahun 2021, El Salvador dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan IMF untuk program pendanaan sebesar USD$1 miliar.

Memang, pandangan dari JPMorgan tidaklah salah, karena IMF adalah penyedia utama untuk akses ke kredit eksternal bagi negara-negara seperti El Salvador, di mana IMF sendiri masih memandang negatif Bitcoin sehingga bisa saja ini menjadi penghambat program pendanaan yang sedang diajukan oleh El Salvador.

Selain itu, IMF juga telah mengangkat isu perkembangan dengan menyatakan bahwa El Salvador mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran sah, yang dapat menimbulkan konsekuensi hukum dan keuangan yang signifikan.

Prospek Bitcoin 

Meski ada beberapa pandangan negatif yang mencuat dalam menyikapi tindakan El Salvador, rupanya juga sudah ada beberapa negara yang berpotensi untuk menjadi the next El Salvador, meskipun ini masih sekadar wacana dan spekulasi para optimis Bitcoin, tetapi tetap saja, di mata para komunitas kripto, ini bukanlah sekedar mimpi belaka, bung!

Selain itu, berita legalisasi Bitcoin pun mulai santer terdengar, di mana informasi terbaru datang dari India yang tengah mempertimbangkan status Bitcoin sebagai aset digital berharga, ataupun sebagai produk investasi komoditas berjangka (futures).

Keseimbangan berita positif dan negatif untuk kripto utama ini adalah hal yang biasa, yang sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu, di mana BTC selalu dapat mempertahankan eksistensinya dengan mencetak level tertinggi sepanjang masa (ATH) baru, yang masih diharapkan untuk terjadi lagi saat mencoba melewati “badai” terbarunya saat ini. Kita doakan saja. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }