Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Intelijen Iran Sasar Tambang Bitcoin Ilegal

Pemerintah Iran tak main-main dengan kebijakan baru soal tambang Bitcoin ilegal. Intelijen Iran juga ikut dikerahkan memberantas.

Sebelumnya pemerintah Iran menegaskan untuk kesekian kalinya, melarang keras aktivitas tambang Bitcoin dan jenis aset kripto lainnya, yang menggunakan energi listrik bersubsidi.

Dilansir dari Bloomberg belum lama ini, intelijen diberikan mandat untuk menguntit siapapun yang melanggar kebijakan itu.

Gegara Listrik Murah

“Kementerian Intelijen Iran membantu membentuk komite di seluruh negara Asia untuk mendeteksi dan menyita alat tambang Bitcoin tanpa izin, termasuk yang menggunakan listrik bersubsidi,” sebut Pemerintah Iran.

Salah seorang pelaku aset kripto di Iran, Gholamali Rakhshani Mehr, mengatakan Iran memang negara yang seksi untuk menambang aset kripto, khususnya Bitcoin.

Alasannya, biaya listrik di negeri itu lebih murah daripada di Tiongkok, apalagi yang bersubsidi.

Masalahnya, aktivitas tambang Bitcoin yang mengonsumsi energi listrik yang sangat besar, menyalahkan gunakan izin mereka dan justru menggunakan listrik bersubsidi.

Sepatutnya mereka menggunakan listrik berkategori industri.

Lazimnya, rumah tangga biasa menggunakan listrik bersubsidi.

Sayembara Berhadiah

Pemerintah Iran juga menerbitkan sayembara berhadiah, bagi siapa saja yang melaporkan aktivitas ilegal itu.

Hadiahnya lumayan untuk ukuran Iran, yakni 200 juta real (Rp12,5). Itu setara dengan 7,5 kali upah minimum bulanan di negeri itu.

Banyak perusahaan di negara Asia mulai menambang aset kripto karena listrik di negeri itu berbiaya rendah setelah pemerintah menyetujui proses tersebut pada tahun 2019.

Meskipun banyak perusahaan beruntung, operasi tersebut menyebabkan kontroversi terkait pencemaran lingkungan hidup.

Selain itu, menjadi jelas bahwa banyak penambang kripto menggunakan listrik rumah tangga.

Seperti yang dilaporkan Teheran Times, pemerintah berencana mengenakan denda besar pada penambang yang menggunakan jenis energi ini.

Mostafa Rajabi Mashhadi, Juru Bicara Menteri Energi menambahkan bahwa perusahaan pertambangan dan individu juga harus memperbaiki jaringan listrik negara.

Tambang Bitcoin dan Elon

Wacana dampak lingkungan hidup dari tambang Bitcoin kembali mencuat setelah pada pekan lalu Tesla menjadikan itu sebagai alasan menghentikan pembayaran menggunakan Bitcoin untuk mobil keluarannya.

Bos Tesla, Elon Musk tak menampik alasan itu dan malah mengusulkan menggantinya menjadi Dogecoin (DOGE). [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }