Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Inilah 7 Kripto dengan Biaya Transaksi Lebih Rendah dari Dogecoin

Dogecoin (DOGE), salah satu kripto meme yang paling bersinar di tahun 2021 ini telah menjadi perbincangan hangat para media. Bukan hanya karena apresiasi harganya yang telah menciptakan miliarder baru dari para HODLer-nya, persaingannya dengan token Shiba Inu (SHIB) pun telah menjadi berita tersendiri yang tak kalah popular.

Dasar dari Dogecoin

Tetapi tahukah Anda? Dogecoin ini sejak awal sangat diminati bukan hanya karena logo anjing Shiba Inu yang lucu, tetapi dari segi biaya transaksinya yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Pada masa awal kemunculan kripto, DOGE hadir dengan keunggulannya ini sehingga telah mendapatkan adopsi lebih dulu dari para HODLer-nya yang biasa digunakan untuk memberi tips ataupun beramal.

Dogecoin pun memiliki komunitas paling aktif dan antusias sejak harganya masih sangat rendah dan terus seperti itu hingga harganya menyentuh setengah dolar Amerika.

Token Berbiaya Rendah Lainnya

Kini, kita bisa lihat ada banyak sekali token yang bermunculan, hingga ribuan token, dengan keunggulan dan fiturnya masing-masing, sehingga kini kita sudah dapat menjumpai token yang mampu mengungguli Dogecoin.

Berikut ini adalah 7 token yang ternyata memiliki biaya transaksi lebih rendah dari token meme tersebut yang dilansir dari Fool.

1. Stellar

Stellar adalah salah satu kripto yang sangat mampu untuk menjatuhkan Dogecoin ke tanah. Selain transaksinya yang sangat cepat, biayanya pun sangat murah yakni rata-rata hanya 0,00001 token asli Stellar, Lumen (XLM). Berdasarkan harga Lumen sebesar US$0,33 pada tanggal 13 Juni, biaya rata-rata adalah sekitar US$0,000004 per transaksi.

Selain itu, pengembang Stellar mengklaim dapat menangani hingga 3.000 transaksi per detik, yang akan memberikan peluang nyata untuk menjadi alat pembayaran di masa mendatang.

2. Ripple

Keunggulan dari token Ripple (XRP) adalah biayanya yang sangat rendah dan kecepatannya dalam memproses transaksi. Sekadar gambaran, Ripple membutuhkan waktu sekitar 3-5 detik untuk memvalidasi dan menyelesaikan transaksi, untuk transaksi tradisional yang biasanya memakan waktu hingga satu minggu untuk penyelesaian pembayaran lintas batas, yang memakan biaya sekitar US$0,00265 saja.

3. Ethereum Classic

Selain terkenal karena smart contract-nya, Ethereum Classic (ETC) juga memiliki biaya transaksi yang sangat murah untuk menyaingi Dogecoin.

ETC mampu menangani sekitar 15 transaksi per detik, dan memiliki biaya transaksi kurang dari satu sen, tepatnya di US$0,00749. Token ini mampu menyelesaikan sebagian besar transaksi dalam 5 hingga 7,5 menit, yang juga jauh lebih cepat daripada sang token meme.

4. Monero

Selain dikenal sebagai koin privasi, Monero (XMR) rupanya juga memiliki biaya transaksi yang jauh lebih rendah dari Dogecoin.

Pada minggu terakhir ini, rata-rata biaya transaksi di blockchain Monero hanya sekitar US$0,059, di mana ini 92% lebih rendah dari biaya transaksi DOGE, sehingga dengan token ini, Anda akan dimanjakan dengan biaya transaksi murah, transaksi yang anonim dan tidak dapat dilacak.

5. Cardano

Dari segi efisiensi, Cardano (ADA) sangat mampu untuk mengungguli Dogecoin dengan kemampuannya memverifikasi dan menyelesaikan transaksi yang jauh lebih cepat, serta biaya transaksi rata-rata dikisaran US$0,27.

6. Litecoin

Sama seperti Cardano, Litecoin (LTC) dapat dengan telak “menghajar” Dogecoin dari sisi efisiensi. Transaksi LTC biasa diselesaikan hanya dalam 2,5 menit, yang kira-kira merupakan seperempat dari waktu untuk Bitcoin dan seperdelapan waktu untuk Dogecoin. Biaya transaksinya pun hanya sekitar US$0,0075 yang sangat jauh lebih murah dari kripto meme ini.

7. NANO

Jika kripto-kripto diatas memiliki biaya yang sangat rendah, NANO hadir dengan tanpa biaya, alias gratis.

Selain gratis, NANO juga mampu memvalidasi dan menyelesaikan transaksi dalam waktu kurang dari satu detik. Ini menunjukkan lebih dari 1.000 transaksi dapat diselesaikan dengan Nano sebelum satu transaksi di Dogecoin dikonfirmasi oleh penambang, sungguh berbedaan bak bumi dan langitkan?

Bagaimanapun, Dogecoin telah mengungguli ketujuh kripto tersebut dari sisi popularitas dan hype¬†dari para investor karena dukungan dari seorang CEO Tesla, Elon Musk, sehingga untuk kenaikan selanjutnya, tampaknya investor masih perlu berharap pada cuitan-cuitan positif dari sang “Doge Father”. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }