Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Harga Bitcoin Sukses Kembali ke Rp720 Juta, Masih Kuat Nanjak?

Setelah harga Bitcoin (BTC) sukses kembali ke US$50 ribu atau setara dengan Rp720 juta, koreksi dalam rentang waktu pendek akan muncul. Skenario berikutnya adalah US$60 ribu.

Bitcoin kembali ke US$50 pada Senin pagi. Ini menjadi tonggak penting, karena akan terus mendorong pasar kripto keluar dari wilayah koreksinya.

Terpantau di Coinmarketcap.com ketika Bitcoin menyentuh US$50 ribu, kripto nomor wahid berdasarkan kapitalisasi pasar itu sempat melonjak 2,6 persen dalam 24 jam terakhir, meningkatkan penguatan 5,6 persen dalam sepekan. Dalam 30 hari, harga Bitcoin naik sekitar 55 persen.

Harga Bitcoin

Kripto itu pun sempat hinggap di US$50.400 lalu terkoreksi hingga US$50.100 ketika artikel ini ditulis. Koreksi kecil ini dianggap sangat wajar.

Wilayah US$50 ribu adalah wilayah psikologis, karena mengembalikan kita seperti Mei 2020, ketika pasar bergejolak turun sejak 14 April 2021.

Kala itu, Bos Tesla, Elon Musk menyampaikan bahwa perusahaan menunda penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran produk mobil mereka.

Pencinta kripto menilai pernyataan itu berdampak buruk bagi pasar, karena hampir bersamaan dengan munculnya tekanan dari Beijing soal penutupan tambang Bitcoin dan pelarangan transaksi terkait kripto di perbankan.

Tesla waktu itu mengatakan alasan utama dari keputusan itu, yakni tambang Bitcoin terbukti tidak ramah terhadap lingkungan hidup, karena listrik yang masih digunakan berasal dari sumber tak terbarukan dan menimbulkan emisi karbon yang merusak atmosfer.

Akhirnya, seperti yang kita lihat sendiri, perpaduan pernyataan Tesla dan langkah keras Beijing membuat harga Bitcoin terjerembab hingga US$28 ribuan per BTC. Itulah yang menyebabkan kripto-kripto lain ikut terseret jatuh.

Menanti pembentukan Golden Cross Bitcoin di chart harian. Saat ini garis Moving Average 50 (merah) mulai memotong garis Moving Average 200 (hijau) dari arah bawah. Sinyal ini sangat penting demi penguatan berikutnya. Sumber: Tradingview.com.

Hingga ketika pada 20 Juli 2021, pasar menemukan titik support yang sangat baik, setelah Elon Musk mengatakan akan mempertimbangkan ulang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Itu pun dengan syarat, setidaknya 50 persen dari total tambang Bitcoin menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan.

Jadi, sentuhan magis harga Bitcoin US$50 ribuan hari ini akan mengubah haluan skenario yang lebih buas lagi. Ini akan membuka peluang besar masuk ke wilayah US$60 ribuan dan bisa mencetak rekor baru lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Toh, secara teknikal, Golden Cross (Moving Average 50/200) di chart harian, tampaknya akan terbentuk pada akhir bulan ini. Ini yang akan melejitkan harga kripto besar ini seperti penguatan tahun 2020 pasca mulai masuk Halving IIIĀ  tahun 2020. [nn]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }