Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

FBI: Waspada Serangan Siber di Bursa Kripto Pekan Ini

FBI memberi peringatan untuk mewaspadai adanya serangan siber di bursa-bursa kripto utama pekan ini karena telah mendeteksi adanya ancaman aktif.

Peringatan FBI 

Melalui protokol TLP, FBI telah memberi peringatan akan adanya serangan siber pada bursa dan pemegang kripto.

Informasi ini diketahui bersifat ‘hijau’, yang artinya dapat dibagikan kembali oleh rekan-rekan dan mitra organisasi di komunitas kripto agar lebih waspada.

Dalam peringatan tersebut, biro ini menyatakan ada kelompok yang secara aktif melacak kerentanan di bursa-bursa kripto untuk melancarkan aksi kejahatan.

Diketahui, teknik yang biasa dipakai dalam serangan siber ini adalah teknik SIM swap, penipuan dukungan teknis dan pencurian akun.

Peringatan itu juga merinci beberapa rekomendasi bagi institusi untuk menjaga keamanan kepemilikan mereka. Ini termasuk mengawasi surat masuk dan memantau akun untuk pergerakan yang tidak biasa.

Biro ini pun menyarankan para investor kripto untuk menggunakan keamanan 2 faktor dan lebih teliti lagi dalam menerima informasi seputar kripto ataupun bursa di sosial media.

Sim Swap

Menurut FBI, serangan SIM swap adalah yang paling sulit ditangani karena kecepatan dalam eksekusinya.

Dalam metode serangan ini, penyerang hanya perlu mendapatkan nomor telepon calon korban.

Biasanya ini akan berakhir sebagai aksi pencurian identitas.

Nantinya, penyerang akan membodohi perwakilan teknologi agar percaya bahwa mereka adalah orang yang kehilangan kartu sim.

Ini akan ‘memaksa’ perwakilan tersebut untuk mengeluarkan kartu sim baru kepada penyerang.

Ini adalah kasus yang sedang menjadi perhatian publik, sehingga kita harus lebih waspada dan teliti dalam mengatur keamanan untuk akun di bursa kripto.

Semakin pesat pertumbuhan kripto, semakin pesat pula aksi kejahatan yang mengintai, termasuk perkembangan dari cara mereka membobol keamanan akun.

Meski pertukaran sudah menyediakan berbagai opsi keamanan, tetap saja kita sendiri harus lebih berhati-hati karena ada banyak sekali serangan yang mengintai.

Selain SIM swap, serangan malware dan phishing pun juga masih mengancam para pemilik akun di bursa kripto.

Oleh sebab itu, ketelitian dalam menerima email ataupun memasang software baru juga tak kalah penting untuk dilakukan. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }