Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Facebook Cari Peluang Cuan di NFT

Di tengah pengembangan wallet kriptonya, Facebook dikabarkan ingin memasuki indutri token non-fungible (NFT). Kemungkinan, wallet tersebut akan turut terlibat dalam keinginan terbaru ini.

Facebook dan NFT 

David Marcus, Kepala Keuangan Facebook dan co-creator kripto Diem, belum lama ini mengatakan bahwa perusahaan tengah mencari cara untuk terlihat dalam industri NFT.

Sekadar informasi, Diem adalah proyek kripto dan blockchain yang dikembangkan oleh Facebook. Sebelumnya, proyek ini dinamakan Libra, yang akhirnya berganti nama dalam upaya untuk menunjukkan bahwa proyek tersebut memiliki “kemandirian organisasi” ketika mencoba untuk mendapatkan persetujuan regulasi untuk diluncurkan.

Sedangkan, wallet yang sedang dikembangkan bernama Novi. Ini juga sudah berganti nama dari sebelumnya, Calibra. Nantinya, Novi akan menjadi wallet dan sistem pembayaran utama untuk Diem.

Kabarnya Facebook sedang mempertimbangkan beberapa opsi untuk memperkenalkan fitur NFT, yang akan melibatkan Novi di dalamnya.

“Terlalu dini untuk membicarakan rencana kami, tetapi kami pasti melihat sejumlah rencana untuk terlibat (di industri NFT), karena kami berada dalam posisi yang baik untuk melakukannya,” kata Marcus, dilansir dari The Block Crypto, Rabu (25/8/2021).

Selain itu, Marcus mengatakan bahwa Novi sekarang “siap diluncurkan” setelah beberapa tahun pengembangan.

Tetapi, Facebook telah memutuskan untuk menunda peluncurannya sampai perusahaan mendapat persetujuan dari regulator untuk melanjutkan Diem.

Menyinggung jenis layanan yang dibutuhkan ekosistem NFT, Marcus mengatakan bahwa, “jika Anda seorang pencipta dan Anda membuat NFT Anda, Anda mungkin ingin menyewakan NFT Anda, Anda mungkin ingin menjual NFT Anda. Anda harus simpan NFT Anda.”

Selain masalah regulasi, Facebook tampaknya juga harus menghadapi masalah kepercayaan.

Meski dinyatakan berdiri sendiri, orang-orang masih memandang Diem adalah bagian dari Facebook. Sehingga, kasus “kebocoran data” di masa lalu masih akan membayangi proyek terbaru ini.

Perkembangan Industri NFT 

Semakin meningkatnya keterlibatan dalam industri NFT tentu terus menarik minat baru dari para raksasa, tak terkecuali Facebook.

Banyaknya musisi, pencipta, seniman bahkan klub dan atlit sepak bola telah menjadi dasar dari hype NFT saat ini.

Salah satu karya cipta yang sangat fenomenal, kode sumber teknologi world wide web (WWW) dari Tim Berners-Lee juga telah menjadi aset NFT. Ini sangatlah berarti karena ini adalah teknologi “bapak” dari internet.

Bahkan, lamaran pekerjaan dari pendiri Apple Inc, Steve Jobs, juga telah dilelang sebagai aset NFT.

NFT adalah cara baru dalam menghargai dan mendistribusikan suatu karya. Ini adalah masa depan, dan tentu saja Facebook tidak mau ketinggalan untuk menaiki kereta terbaru nan cepat ini. [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }