Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Elon Musk Dukung Bitcoin Lightning Network?

Elon Musk tampaknya mendukung teknologi Bitcoin Lightning Network. Itu berdasarkan perbincangan di Twitter bersama komunitas kripto hari ini.

“Layer itu [Bitcoin Lightning Network-Red] bergantung pada lebar lajur data dan kekuatan komputasi blockchain Bitcoin. Layer2 itu sangat menjanjikan untuk transaksi di masa depan,” tulis Elon, Jumat (21/5/2021).

Bitcoin Lightning Network (BLN) adalah jaringan pembayaran peer-to-peer di atas blockchain utama Bitcoin.

Ia berjuluk Layer2, karena terhubung langsung ke blockchain BTC. Jumlah transaksi di Layer2 bisa lebih banyak dan lebih cepat daripada menggunakan blockchain secara langsung.

Kendati demikian, sejumlah transaksi di Layer2 terhitung menjadi transaksi tunggal ketika masuk ke blockchain Bitcoin (Layer1).

BLN sebenarnya sudah lama meluncur sejak tahun 2018. Hanya saja penerapannya tidak seluas yang diharapkan.

Bursa aset kripto OKEx misalnya yang pertama menerapkannya, sehingga biaya transaksi menjadi jauh lebih murah.

Sejumlah private wallet juga sudah mendukung itu.

Salah satu pengembangan besar terhadap Bitcoin Lightning Network adalah oleh Blockstream besutan Adam Back.

Pernyataan Elon itu tentu saja masih terkait soal kegundahan Tesla, bahwa penambangan Bitcoin memerlukan energi yang sangat besar dan menggunakan sumber yang tak terbarukan.

Bahwa pengggunaan Bitcoin Lightning Network di masa depan amat menjanjikan, bisa menekan konsumsi energi tambang Bitcoin.

Hanya saja, saat ini, BLN justru sangat kontroversial, karena “mengurangi” peran para penambang BTCyang praktis menggunakan Layer1 untuk mendulang fee transaksi.

Sejumlah pengamat mengungkapkan, bahwa Bitcoin Lightning Network lebih cocok nanti digunakan setelah semua BTC habis ditambang, sekitar tahun 2140 nanti.

Ketika itu, tak ada lagi BTC baru dan para penambang dalam perannya sebagai validator dan verifikator transaksi, hanya mengandalkan biaya transaksi saja. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }