Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Elon Musk Bikin Status, Harga Bitcoin Tergerus

Elon Musk lagi-lagi membuat sensasi dengan kicauan mautnya. Tweet terbaru Musk, pada Jumat (4/6), membubuhkan tagar Bitcoin dan simbol patah hati.

Bak ‘sabda nabi’, pesan bos Tesla tersebut benar-benar menjatuhkan harga Bitcoin nyaris 5% (di kisaran US$ 37.000-an). Padahal, sebelumnya harga Bitcoin sempat nyaman di kisaran US$ 39.000/BTC .

Dalam kicauannya tersebut, Elon Musk menambahkan sebuah foto suami istri yang nampak muram dan tak saling pandang. Percakapan keduanya sebagai berikut.

Her: I Know I said it would be over between us if you quoted another Linkin Park song but i’ve found someone else (Istri: Aku tau hubungan kita akan berakhir jika kamu mengutip lagu Linkin Park lagi, tapi aku telah menemukan seseorang yang lain).

Him: So in The end it didnt even matter (Suami: Akhirnya itu tidak masalah).

Pesan Musk di Twitter tersebut tentu menuai beragam reaksi. Namun, banyak yang menafsirkannya sebagai perpisahan miliarder dengan bitcoin.

Memang patut diakui bahwa cuitan Musk berpengaruh besar pada harga aset kripto dogecoin dan bitcoin. Satu artikel bulan lalu di The Wall Street Journal, bahkan menggambarkannya sebagai influencer terbesar bitcoin.

Maka wajar juga, Musk mendapat tudingan sebagai penyulut kemerosotan dalam bitcoin dan kompleks crypto yang lebih luas.

Menurut data CoinDesk, Jumat (4/6), harga bitcoin BTCUSD, -5,38% turun 2,3%, berpindah ke kisaran $37.762 tergelincir menjadi -5.33%. Penurunan ini terjadi tak lama setelah tweet terbaru bos Tesla tersebut.

Harga dogecoin DOGEUSD, -9,12%, di mana Musk telah menjadi salah satu juara terbesarnya, turun 5,5%, bergerak di kisaran 38 sen.

Memicu Perdebatan

Bulan lalu, Musk mentweet bahwa Tesla tidak akan lagi menerima bitcoin sebagai pembayaran untuk kendaraannya, mengutip jejak karbon besar dari penambangan digital untuk bitcoin. Tweet itu masih bergema di kalangan investor kripto, yang memercikkan lagi perdebatan tentang keberlanjutan penambangan bitcoin.

Meskipun bertahan stabil akhir-akhir ini, harga bitcoin masih turun 42% dari puncak pertengahan April di $64.829,14. Dogecoin, aset meme yang launching pada tahun 2013, tetap turun 48% dari puncaknya di 74,07 sen di awal Mei.

Kembali pada bulan Februari, Tesla mengungkapkan bahwa mereka memperoleh sekitar $ 1,5 miliar dalam bentuk bitcoin dalam pengajuan dengan Securities and Exchange Commission.

Publikasi saudara MarketWatch, Barron, memperkirakan bahwa Tesla membayar sekitar $ 38.000 per bitcoin, mendasarkan nilai itu pada harga rata-rata aset antara panggilan konferensi kuartal keempat Tesla pada 27 Januari, di mana ia tidak menyebutkan kepemilikan bitcoin, dan tanggal pengajuan.

Yang pasti, bitcoin masih naik dengan kokoh sejauh ini di tahun 2021, naik 33%, dan dogecoin naik lebih dari 7.800% di tahun ini. Sebagai perbandingan, aset tradisional telah melihat keuntungan yang lebih duniawi. Emas berjangka GC00, -0,03% turun 1,6% sejauh ini di tahun ini; Dow Jones Industrial Average DJIA, -0,07% naik hampir 13%, indeks S&P 500 SPX, -0,36% telah naik sekitar 12% dan Nasdaq Composite Index COMP, -1,03% telah naik 5,6% di tahun ini. [ab]

Protected with blockchain timestamps

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }