Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

El Salvador Beli 400 Bitcoin Menjelang Golden Cross

El Salvador kemarin mengumumkan telah membeli sebanyak 400 Bitcoin (BTC). Itu sebagai penanda berlaku efektifnya undang-undang Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negeri itu. Langkah ini menjelang munculnya Golden Cross di chart harian.

Aksi beli kripto nomor wahid setara dengan Rp293,6 milyar itu menjadi penanda sejarah teramat penting bagi Bitcoin. Pasalnya itulah kali pertama sebuah negara mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah alias legal tender selain dolar AS.

Sang presiden, Nayib Bukele meyakini penerapan Bitcoin secara hukum memastikan penghematan biaya pengiriman uang oleh warga negaranya yang bekerja di luar negeri, ke dalam negeri.

Walaupun undang-undang itu sudah berlaku efektif, sejak disahkannya oleh parlemen pada Juni 2021 lalu, bukan berarti itu wajib digunakan oleh semua warga, apalagi sebagai gaji bulanan bagi karyawan ataupun pensiunan.

Hal itu ditegaskan oleh Bukele beberapa hari lalu, menjawab protes pada pensiunan PNS dan purnawirawan El Salvador.

Bukele memastikan bahwa penggunaan Bitcoin adalah tak wajib, melainkan sebuah alternatif. Hanya saja, menggunakan aplikasi khusus, warga bisa mendapatkan manfaat, salah satunya adalah menghemat biaya kirim.

Tidak jelas bagaimana mekanisme soal penghematan itu, mengingat jikalau menggunakan dompet kripto melalui bursa kripto ataupun menggunakan aplikasi pribadi biasa, biaya kirim saat ini bisa mencapai lebih dari Rp200 ribu.

Gunakan Lightning Network untuk Bitcoin?

Namun, prakiraan sementara, seperti yang disebutkan sebelumnya, dompet kripto yang bisa digunakan nanti menggunakan teknologi Lightning Network (LN). Ini adalah jaringan lapis ke-2 yang diletakkan di atas jaringan blockchain Bitcoin.

Sejak tahun 2018 dikembangkan oleh Lightning Labs, teknologi itu memang ampuh untuk mempercepat transaksi, hampir instan. Sehingga tak perlu memakan waktu hingga tercepat 10 menit menggunakan blockchain Bitcoin secara langsung.

Hanya saja, LN masih sangat terbatas penggunaannya dan baru bisa menampung volume transaksi yang kecil. Jadi, ini sangat sesuai untuk urusan remitansi alias pengiriman uang antar negara.

El Salvador Pro Bitcoin, Menuju Golden Cross Harian

Sementara itu, di chart harian, dalam waktu dekat berpotensi akan terbentuk Golden Cross (Moving Average 50/200).

Sinyal ini semakin menguatkan bull run Bitcoin dan altcoin bisa memboncengnya. Secara teknikal, ketika saat ini harga Bitcoin menyentuh lebih dari US$52 ribu, maka Golden Cross bisa terbentuk pada 13 September 2021 mendatang.

El Salvador Bitcoin
Golden Cross bisa terbentuk pada 13 September 2021 mendatang. Sumber: Tradingview.com.

El Salvador Bitcoin

Golden Cross terbaik sebelumnya terjadi pada Mei 2020 lalu yang praktis mendongkrak harga Bitcoin hingga puncak tertinggi sepanjang masa, US$64 ribu pada 14 April 2021. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }