Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Dompet Bitcoin Pemerintah El Salvador Alami Gangguan

Beberapa hari ini, dompet Bitcoin milik pemerintah El Salvador, Chivo, mengalami masalah teknis. Ini tampaknya akan membuat langkah adopsi semakin sulit karena warga mengkhawatirkan dampak dari masalah tersebut.

Dompet Bitcoin El Salvador 

Diketahui, gangguan teknis tersebut menyebabkan sulitnya mengakses dompet, menarik uang dari ATM dan verifikasi data. Selain itu, pemerintah yang belum menyetorkan bonus US$30 seperti yang dijanjikan kepada semua pengguna Chivo adalah masalah yang paling utama.

Melvin Vasquez, seorang seniman tato berusia 30 tahun, mengunduh Chivo pada hari Selasa (7/8/2021), tepat sat undang-undang Bitcoin mulai berlaku. Namun, sejak saat itu juga, ia mengatakan bahwa dompet tersebut tidak dapat digunakan saat ingin membeli pizza di sebuah restoran.

“Saya ingin melihat apakah saya dapat membeli sesuatu, tetapi itu bahkan tidak mengizinkan saya masuk.. Mereka seharusnya menyiapkan lebih banyak … Ini tidak begitu nyaman,” kata Melvin, dilansir dari Reuters, Jumat (10/9/2021).

Selain itu, pengguna juga mengeluhkan gangguan yang merembet ke aplikasi Apple Store dan Google Play mereka.

Menurut salah satu pengguna Chivo, saat ia sudah memasukkan segala data untuk verifikasi, ia tidak dapat lagi membuka aplikasi. Pembacaan PIN dan pengenal wajah di smartphone mereka pun menjadi tidak berfungsi.

Diketahui, Presiden Nayib Bukele telah turun tangan untuk menangani masalah ini.

Chivo, yang menjanjikan transaksi bebas komisi dan pemerintahannya berharap akan diadopsi oleh yang tidak memiliki rekening bank. Namun, ini telah terhambat beberapa upaya perbaikan masalah.

Pemerintah sendiri berharap akan ada 39% dari populasi yang mengunduh Chivo. Presiden Bukele berpendapat bahwa, Bitcoin akan memungkinkan orang Salvador menghemat US$400 juta setiap tahun dalam komisi pengiriman uang.

Tetap saja, masih ada banyak warga yang takut akan kripto karena volatilitasnya yang tinggi. Itu dianggap dapat menghilangkan nilai uang mereka secara drastis.

Memang, persiapan Chivo tampaknya masih kurang matang. Banyaknya bug membuat langkah adopsi menjadi sulit karena lagi-lagi, ini masalah kepercayaan dan keamanan uang.

Edukasi kripto pun masih perlu ditingkatkan agar warga memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara bersikap terhadap teknologi baru ini. Tidak mudah, tetapi pasti ada jalan. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }