Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Diserang Scammer, Pendiri NFT Game Kehilangan 16 CryptoPunks

Seorang pendiri dari NFT game telah menjadi korban dari serangan scammer (penipu) yang membuatnya kehilangan 16 CryptoPunks miliknya.

Sekadar informasi, CryptoPunks adalah salah satu token NFT pertama di jaringan Ethereum yang memiliki tema beragam tampilan manusia (avatar) dalam bentuk piksel.

16 NFT CryptoPunks Dicuri 

Stazie, pengembang pseudonim dari game NFT Hedgie membagikan pengalaman pahitnya tersebut melalui akun Twitter-nya.

“Saya berbaring di tempat tidur kemarin malam, pikiran sangat berkabut, dengan santai menjelajah.. Semuanya terjadi seperti mimpi buruk, hampir terasa seperti saya dihipnotis,” kata Stazie dalam tweet-nya.

Selain kehilangan 16 CryptoPunks, ia diketahui juga kehilangan banyak Ether (ETH).

Seorang penipu bernama “cryptopunksbot” telah mem-posting di server Discord CryptoPunk dengan menawarkan investor NFT kesempatan untuk memenangkan sepuluh avatar NFT untuk merayakan ulang tahun keempat dari proyek tersebut.

Stazie menerima tawaran palsu tersebut, tetapi langkah itu akhirnya membuatnya kehilangan 16 CryptoPunks, yang kemungkinan bernilai setidaknya satu juta dolar AS.

Tautan dalam posting-nya diarahkan ke LarvaLabs.io, salinan meyakinkan dari LarvaLabs.com, proyek di balik CryptoPunks.

Menurut Stazie, situs scam tersebut memiliki popup yang tampak seperti Metamask.

Pencurian pun terjadi saat muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa keamanan Metamask telah dikompromikan dan meminta “frase benih” Stazie untuk memulihkan akses.

Sekadar informasi, siapa pun yang memiliki akses ke frasa dua belas kata dapat menguras habis dana di wallet MetaMask.

Tanpa disadari, Stazie mengirimkan frasa dua belas kata miliknya ke penipu tersebut.

“Tidak ada pemikiran kritis, dan ini sangat bodoh. Punks dan ETH dengan cepat hilang sebelum saya bisa melakukan apa pun,” kata Stazie, dilansir dari Decrypt, Minggu (1/8/2021).

Menghadapi Serangan Scammer

Penipu (scammer) memang masih membayangi para investor kripto. Sudah banyak sekali investor, pemula ataupun profesional, yang berhasil diperdaya oleh trik-trik “pintar” para penipu.

Lalu, bagaimana cara agar kita dapat menghindarinya?

Ketenangan diri adalah yang utama. Jika menyangkut masalah wallet dan frasa pemulihan, maka kita harus mulai waspada.

Kita harus rajin mengecek, apakah tautan yang kita dapat dari email, media sosial, atau sumber manapun sudah sesuai dengan situs asli atau bukan.

Perbedaan biasanya akan terlihat dari jenis domain, salah satu huruf per kata, yang sangat penting untuk diamati agar tidak menyesal dikemudian hari.

Intinya, ketenangan dan ketelitian adalah hal yang harus diterapkan saat Anda menerima penawaran atau pemberitahuan apa pun yang mengarahkan Anda ke suatu situs. Tetap berhati-hati ya. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }