Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bukan 21 Juta, Bitcoin hanya 16,7 Juta Unit Selamanya

Ternyata total Bitcoin yang ada dan akan ada dalam sirkulasi pasar bukan 21 Juta, tetapi 16,7 Juta koin saja. Kok bisa? Ini data dan analisisnya.

Bitcoin berharga karena sifatnya yang terbatas, langka dan efisien sebagai alat tukar. Penciptanya, Satoshi Nakamoto, menyebutkan total Bitcoin yang bisa tertambang hanya sebanyak 21 juta unit. Namun, dari berbagai sumber, harian kripto menaksir jumlah koin yang hilang permanen mencapai 4,3 juta koin.

Status Bitcoin per Mei

Data Blockchain.com memperlihatkan total supplai Btc yang telah tertambang adalah sebanyak 18,729 Juta koin hingga 28 Mei 2021. Koin sebanyak ini tersimpan di 100 Juta wallet dari 200 Juta wallet yang ada sejauh ini. Artinya, sisa yang belum tertambang adalah sebanyak 2,271 Juta koin lagi.

Analisis Digitalik.net, dari total btc yang tertambang, terdapat 4.115.417 Btc setara 22 % Btc yang statusnya dorman, alias tidak pernah bergerak atau tidak pernah dijual pemiliknya- aka holdler garis keras.  Secara relatif bitcoin yang aktif dalam periode bulanan adalah 30 %, Sisanya, aktif dalam periode mingguan dan harian. Artinya Btc yang ‘bergerak-gerak’ kesana kemari mempengaruhi harga setiap minggu tergolong kecil,  hanya 48 persen.

Bitcoin Semakin Langka

Mengutip Wallstreet Journal, riset Chainalysis – lembaga berbasis di New York, menunjukkan terjadinya kehilangan permanen Btc setara 20 Milyar Dollar, pada harga 6.000 Dollar per koin pada Juni 2018, atau setara 3, 3 Juta koin.

Kehilangan ini terjadi karena pemilik wallet meninggal dunia atau lupa pasword. Koin-koin malang ini terbeli pada kurun waktu 2010, ketika harga Btc masih sekitar 0,3 hingga 0,5 Dollar setara ‘lima rebu rupiah’ per koin. Para pemilik koin naas itu mencoba membuka akunnya kembali 5 hingga 8 tahun setelahnya, sialnya, gagal.

Ke depan, perkiraan kehilangan pasword masih terjadi meski menurun seiring literasi kripto dan harga bitcoin yang semakin baik. Dengan mengurangi 70 % dari kehilangan yang terjadi masa lalu, perkiraan ke depan bisa mencapai 1 juta Koin karena pemiliknya meninggal dunia dan lupa mewariskan paswordnya kepada keluarga atau orang lain.

Secara logis, total Bitcoin yang ada dan akan ada sebanyak 16,7 Juta koin saja. Masuk akal, kalau harganya akan terus melambung dalam waktu waktu yang akan datang.

Panda Siagian

Protected with blockchain timestamps

Panda Siagianhttps://www.hariankripto.id/
Menekuni dunia blockchain dan kripto sejak 2017. Tertarik mendorong penggunaan bockchain untuk demokrasi, kemanusiaan dan lingkungan hidup. Bisa dihubungi melalui email: harian.kripto.id@gmail.com

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }